Sukses

Mudah Bikin Anak Rajin Salat, Ini Caranya

Begini cara ajarkan anak salat.

Liputan6.com, Jakarta Salat adalah tiang agama dan kehidupan. Itu mengapa Rukun Islam ke-2 tersebut menjadi ibadah yang ditimbang pertama kali ketika di akhirat nanti.

Karena itu, apa pun kondisinya, salat tetap harus dilakukan dengan segala keringanan yang diperbolehkan oleh syariat.

Penting bagi orangtua menanamkannya pada anak. Upayakan menjadikan salat sebagai kebiasaan sejak kecil. Hitung-hitung buat menjadi 'modal' saat hari penghakiman tiba.

Menurut sebuah hadis, seorang anak hendaknya mulai dibiasakan untuk melaksanakan shalat sejak usia tujuh tahun. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda;

“Perintahlah anak-anakmu agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun” (HR. Abu Dawud dan Al- Hakim).

Sedangkan dalam hadist lain Rasulullah SAW pernah bersabda;

"Apabila seorang anak dapat membedakan mana kanan dan kiri, maka perintahkanlah dia untuk mengerjakan salat.” (HR. Thabrani)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini yang Harus Orangtua Lakukan Biar Anak Rajin Salat

Lalu apa yang harus dilakukan oleh para orang tua agar anak mereka mau melaksanakan salat sejak usia dini? Berikut cara-caranya seperti dikutip dari Islami.co pada Jumat, 25 Januari 2018.

Pertama, orangtua harus menjadi teladan utama bagi anak-anak mereka. Apabila ingin anak mereka belajar salat sejak usia dini, maka paraorang tua pun harus memberi contoh bagaimana cara melaksanakan salat dan dengan tepat waktu. Anak-anak justru sangat pandai mengamati dan menirukan perilaku orang lain.

Kedua, para orang tua hendaknya memberikan pemahaman bagaimana pentingnya salat bagi umat Islam. Caranya yaitu dengan menjelaskan kepada sang anak bahwa shalat merupakan kewajiban bagi umat Islam.

Jelaskan kepada anak bahwa salat juga menjadi sarana penghubung bagi manusia untuk berkomunikasi dengan Allah. Selain itu, jelaskan kepada anak bahwa jika mereka konsisten dalam melaksanakan salat maka mereka akan mendapatkan keberkahan, kemudahan dalam hidup dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

 

Penulis : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.