Sukses

6 Langkah agar Lebih Mudah Tidur di Pesawat

Menempuh perjalanan panjang dengan menggunakan pesawat, berikut beberapa langkah agar mudah tidur.

 

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan dengan menggunakan pesawat selama kurang dari lima jam sudah melelahkan. Apalagi yang membutuhkan waktu yang lama, belasan hingga puluhan jam, pasti melelahkan. 

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak mudah tertidur nyenyak saat berada di pesawat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut enam hal yang bisa dilakukan agar bisa tidur selama perjalanan panjang di pesawat seperti dilansir The Greatist, Selasa (22/1/2019).

1. Memesan kursi dekat jendela pesawat

Saat check-in, Anda bisa menentukan posisi duduk. Jika bisa, pilih yang dekat jendela, sehingga dapat menyenderkan kepala Anda di sisi badan pesawat. Cara ini lebih mudah membuat Anda tertidur. Selain itu, pastikan merenggangkan kaki. Menurut terapi olahraga Arvada Sport dan Spine Group, Alyx Brown, selain bisa membuat nyaman, baik juga untuk sirkulasi darah. 

 

2. Membawa barang yang membuat nyaman

Boneka, bantal guling, ataupun selimut kesayangan ukuran kecil bisa dibawa yang nantinya akan membuat mudah tertidur. Kehadiran benda itu diharapkan bisa membuat Anda terlelap saat berada di atas 38 ribu kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jangan melipat kaki

 Melipat kaki akan membuat aliran darah tidak lancar yang nantinya bisa menyebabkan pembekuan darah dalam penerbangan lebih dari 4 jam. Lalu, bagaimana cara terbaik saat duduk di perjalanan panjang?

"Usahakan kaki Anda tetap lurus, dengan sedikit menekuk pada bagian dengkul," saran Brown. 

 

4. Bersandar

Menurunkan bangku pesawat membantu mengurangi tekanan dalam tulang belakang bagian bawah. Bila tekanan di punggung berkurang, bakal lebih mudah terlelap. Dengan sedikit tekanan pada bagian punggung anda, Anda dapat lebih mudah terlelap.

Bila posisi tidur adalah duduk tegak, tetap bisa tidur terlelap. Pastikan Anda menggunakan bantal di area pinggang untuk membantu menjaga lengkungan punggung seperti disarankan Brown.  

 

3 dari 3 halaman

5. Matikan gawai

 

Terlalu terang memang tidak baik untuk orang-orang yang berusaha untuk tidur. Tidak hanya dari lampu namun cahaya pada layar di depan Anda juga tablet serta handphone membuat sulit tidur. 

"Cahaya elektronik hampir sama seperti cahaya matahari yang membuat terus terjaga. Dengan mematikan elekronik membantu tubuh melepaskan hormon melatonin," ucap Haley Byres, Ph.D., seorang psikolog klinis yang mendalami masalah tidur.

 

6. Jangan makan terlalu banyak 

Byers mengatakan, usahakan untuk tidak makan berlebihan sebelum tidur. Terlalu banyak makan atau makanan yang penuh lemak membuat tubuh susah untuk merasa nyaman dan akhirnya sulit untuk mengantuk. (Penulis: Annisa Rizky)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini