Sukses

4 Penyakit yang Datang Saat Musim Pancaroba Tiba

Ada baiknya Anda lebih berhati-hati dan mengenali apa saja penyakit yang datang disaat musim pancaroba

Liputan6.com, Jakarta Musim pancaroba hadir saat peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Pada musim pancaroba cuaca menjadi tidak menentu, seperti cerah dan panas di pagi hari namun menjadi berangin dan juga disertai hujan di sore hari. Kondisi ini rentan bagi kesehatan. Suhu udara yang bergerak secara cepat menjadi lembap atau dingin dapat memudahkan virus dan bakteri berkembang dengan cepat.

Penyakit yang muncul saat musim pancaroba tidak hanya menyerang anak-anak, namun orang dewasa. Orang mudah jatuh sakit karena pergantian cuaca yang mengubah tekanan, komposisi, serta suhu udara. 

Oleh karena itu, ada baiknya Anda untuk lebih berhati-hati dan mengenali apa saja penyakit yang datang disaat musim pancaroba, seperti yang dilansir dari laman klikdokter:

Infeksi Saluran Nafas Akut (ISPA)

Banyak yang tidak mengetahui apa itu ISPA, tetapi salah satu jenis ISPA yang mungkin Anda ketahui adalah common cold (dikenal juga sebagai flu), penyakit ini dapat menyerang orang dewasa dan juga anak-anak.

Gejala ISPA dapat dikenali dengan demam, badan meriang, nyeri tenggorokan, batuk, dan pilek. ISPA terjadi dikarenakan infeksi virus, dan dapat disembuhkan dengan cepat apabila Anda beristirahat dengan cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Demam berdarah dengue (DBD)

Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aides aegypti. Genangan-genangan air yang ada pada musim pancaroba membuat para nyamuk ini berkembang biak dengan cepat.

Waspada jika anak atau anggota keluarga Anda mengalami demam mendadak disertai dengan sakit kepala yang dirasakan sampai ke belakang bola mata, badan terasa lemah, mual dan muntah, dan pendarahan spontan. Untuk pertolongan pertama, berikan obat penurun demam dan perbanyak minum air putih untuk menjaga cairan tubuh.

3 dari 4 halaman

Alergi dan asma

Perubahan panas menjadi dingin atau sebaliknya dapat menyebabkan Anda dan anggota keluarga mengalami penyakit seperti asma dan alergi. Kondisi itu bisa dipicu oleh cuaca dingin atau debu yang dibawa oleh angin kencang.

Untuk mencegah alergi dan asma ada baiknya, Anda menggunakan masker saat berada di luar ruangan agar terhindar dari debu. Bagi yang memiliki asma, jangan lupa untuk selalu membawa obat pengontrol asma.

4 dari 4 halaman

Diare

Diare bisa terjadi kapan saja, tapi kondisi ini sering diakibatkan oleh virus dan bakteri yang terbawa angin dan melekat pada makanan yang Anda dan keluarga santap. Makanan yang tidak bersih inilah yang dapat menimbulkan diare. Untuk itu Anda harus menjaga kebersihan diri serta mengetahui apa yang dikonsumsi. Usahakan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan tidak makan di sembarang tempat.

Lindungi diri Anda dari musim pancaroba dengan beristirahat yang cukup, olahraga teratur, menjaga kebersihan diri, dan melengkapi kebutuhan dengan mengonsumsi vitamin C. 

 

Ditulis oleh: Annisa Rizky

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.