Sukses

JK Minta BPJS Kesehatan Aktif dalam Upaya Pencegahan Penyakit

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) meminta peran aktif BPJS Kesehatan dalam upaya pencegahan penyakit di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) meminta BPJS Kesehatan agar tak hanya fokus untuk membayar biaya pengobatan. Namun, BPJS Kesehatan juga harus aktif juga dalam upaya pencegahan (preventif) penyakit.

"Jadi sebenarnya upaya BPJS yang terbaik ialah bagaimana membantu departemen kesehatan (depkes) untuk pencegahan," kata JK dalam sebuah seminar bertajuk "Pembiayaan yang Berkelanjutan untuk Jaminan Kesehatan Nasional', di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).

Jika upaya preventif berhasil, maka jumlah masyarakat yang sakit berkurang dan diminimalisasi "Jadi karena tanpa hal tersebut (preventif) sulit kita mendapatkan hasil yang baik," tambahnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sponsor acara olahraga

JK menjelaskan, salah satu cara preventif yang dapat dilakukan oleh BPJS adalah dengan mensponsori kegiatan-kegiatan olahraga. Lewat kegiatan tersebut BPJS Kesehatan bisa sambil melakukan kampanye hidup sehat.

"Promotif pencegahan dan promosi lainnya harus jadi bagian utama untuk mengurangi risiko. Karena itulah maka BPJS justru harus masuk promotif dan preventif. Jadi kalau ada pekan olahraga maka BPJS harus ikut mensponsori supaya orang sehat. Supaya ada suatu gerakan hidup sehat. Kampanye bagaimana bergerak, bagaimana makanan yang sehat," katanya.

Selain itu, JK juga menekankan pentingnya peranan pemerintah daerah dalam hal ini. Dia mengungkapkan rumah sakit yang ramai oleh pasien bukan merupakan tanda sebuah kesuksesan melainkan tanda kegagalan besar.

"Kalau saya datang ke daerah, sering bupati atau gubernur melapor kondisi rumah sakit yang dimiliki ini hebat. Orang antre mulai jam 5 pagi. Penuh. Merasa itu sukses, padahal itulah kegagalan besar," ujarnya.

"Karena itu saya katakan, sukses Anda ialah ketika Anda punya rumah sakit besar dan pasiennya sepi, itu baru sukses buat pemda. Kalau antrean dari jam 5 pagi itu gagal besar. Berarti selokan enggak bagus, air tergenang ada banyak malaria dan sebagainya. Itulah kegagalan," tutupnya.

(Penulis: Yayu Agustini Rahayu Achmud/Merdeka.com)

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan

  • Merdeka.com