Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami, Mudah Dipraktikkan

Oleh Liputan6.com pada 16 Jan 2019, 20:44 WIB
ilustrasi senyum

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang kesehatan gigi, tentu saja kamu akan fokus pada cara mencegah gigi berlubang. Tetapi, siapa sangka ternyata penting juga untuk memperhatikan kesehatan gusi. Gusi tidak hanya berperan penting pada kesehatan gigi, tetapi juga kesehatanmu secara keseluruhan.

Terkadang, kita pasti pernah mengalami bengkak pada gusi. Bila tidak segera diobati, gusi yang bengkak akan terasa sakit dan nyeri hingga mengganggu aktivitas. Gangguan pada gusi merupakan gangguan yang sering terjadi.Rasa sakit tersebut akan mengganggu aktivitas keseharian karena memang bisa menimbulkan sakit kepala yang lumayan menyakitkan.

Masih banyak dari kita yang belum tahu apa penyebab gusi menjadi bengkak. Berikut penyebab gusi bengkak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/1/2019).

2 of 5

Penyebab Gusi Bengkak

ilustrasi senyum
ilustrasi senyum (Sumber: Unsplash) / Kyle Loftus

1. Menumpuknya karang atau plak pada gigi

Umumnya, penyebab gusi bengkak karena plak yang merupakan sisa-sisa dari makanan kemudian tertinggal lama dan tidak segera dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak segera dibersihkan ini akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi serta mengakibatkan gusi membengkak.

Selain itu, air liur yang mengandung mineral malahan akan membantu sisa makanan tadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

2. Gingivitis

Menumpuknya plak pada gusi yang terakumulasi dalam jumlah besar dan lama dapat menyebabkan inflamasi yang disebut dengan gingivitis. Gingivitis juga merupakan penyakit pada gusi.

3. Gigi yang berlubang

Gigi yang berlubang karena kuman juga dapat merambah hingga gusi dan menyebabkan gusi bengkak.

4. Terkena virus atau jamur

Ketika kamu tidak mengatur makanan yang masuk ke dalam mulut , bukan tidak mungkin kamu juga memasukkan virus atau jamur ke dalam mulut sendiri.

5. Kesalahan pemasangan aksesori pada gigi

Pemasangan aksesori gigi seperti gigi palsu atau behel yang salah bisa juga menyebabkan gusi bengkak. Ketika sudah terlanjur mengalami gusi bengkak dan ingin segera sembuh, kamu bisa mencoba cara mengobati gusi bengkak sendiri dan tentu saja aman dan efektif.

3 of 5

Cara Menghindari Penyebab Gusi Bengkak

perempuan tersenyum
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@mentatdgt-330508

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalau kamu sudah mengetahui apa saja penyebab gusi bengkak, maka kamu juga bisa menghindari hal-hal tersebut. Selain itu kamu juga dapat menghindari penyebab gusi bengkak dengan langkah-langkah berikut:

• Sikat gigimu setidaknya dua kali setiap hari

Pastikan kamu melakukan teknik menyikat yang benar. Jika kamu tidak tahu cara menyikat gigi yang benar, bertanyalah pada dokter gigi atau ahli lainnya.

• Gunakan benang pembersih gigi setiap hari

Menggunakan benang pembersih gigi tidak memakan waktu lama. Menggunakan benang pembersih gigi merupakan hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk mencegah masalah gusi.

• Gunakan obat kumur setiap hari

Obat kumur antiseptik dapat membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit gusi.

• Makan-makanan sehat

Makan-makanan sehat seperti mengonsumsi vitamin C dan kalsium, dapat meminimalkan kemungkinan kamu mengalami masalah gusi.

• Minum banyak air putih

Minum air putih, terutama setelah makan dapat membantu membersihkan sisa makanan dari gigi dan memperkecil kemungkinan bakteri yang membentuk plak yang merusak gusi.

• Jauhi Tembakau

Jika kamu merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya, cobalah untuk berhenti.

• Berhati-hatilah dengan makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin

Ketika memiliki masalah gusi, kamu mungkin merasa lebih nyaman memiliki makanan dan minuman yang suam-suam kuku atau dingin.

• Rileks

Stres meningkatkan kadar hormon stres kortisol. Hormon ini dapat meningkatkan kemungkinan peradangan di seluruh tubuh, termasuk di gusimu.

4 of 5

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Senyum
Ilustrasi tersenyum. (via: thehappydept.com)

1. Garam

Sudah jadi rahasia umum kalau garam biasa digunakan jika ada masalah kesehatan pada gigi. Garam dapat digunakan sebagai cara mengobati gusi gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut.

Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali kamu selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

2. Lemon

Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Lemon juga dapat menjadi cara alami mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang.

Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3. Jeruk nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

4. Belimbing wuluh

Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut.

Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukkan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif mengempeskan gusi yang bengkak karena mengandung antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat. Yang perlu kamu lakukan hanya mengunyah jambu biji. Atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

6. Bawang merah

Bawang merah mengandung antiseptik alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan 1 sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

7. Bawang putih

Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptik alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan 1 sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

5 of 5

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Senyum Jadi Sumringah dengan Tampilan Gigi Sehat dan Putih Bersih
Ilustrasi gigi putih bersih. (purewow.com).

8. Asam Jawa

Asam Jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptik alami. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

9. Cengkeh

Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati gusi bengkak. Caranya adalah dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

10. Merica

Merica berguna sebagai cara mengobati gusi bengkak karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit.

11. Serai

Serai juga dapat menjadi cara mengobati gusi bengkak. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang setengahnya. Kemudian gunakan untuk berkumur.

12. Jahe

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

13. Getah jarak

Getah jarak mengandung antiseptik, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi. Caranya adalah dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.

14. Air kelapa

Air kelapa juga berguna sebagai antiseptik alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

 

 

Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Lanjutkan Membaca ↓