Sukses

7 Penyebab Perut Buncit pada Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Ada bahaya yang mengancam di balik tumpukan lemak perut.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar kaum hawa, mendapatkan perut langsing dan rata pasti jadi sebuah body goals yang diidam-idamkan. Pakai baju apapun jika punya perut langsing pasti terlihat bagus dan lebih menarik.

Tidak sedikit wanita yang rela merogoh kocek yang dalam untuk membeli obat pelangsing, demi mendapatkan perut yang rata.

Perut buncit membuat kamu tidak percaya diri? Kesal dengan baju yang sudah kamu beli terlihat cocok jika perut kamu rata?

Jangan bersedih, kamu tidak perlu khawatir, dengan membaca artikel ini tentunya kamu dapat mengetahui penyebab perut buncit pada wanita. Ada bahaya yang mengancam di balik tumpukan lemak perut. Oleh sebab itu kamu bisa menghindarinya.

Penyakit yang ditimbulkan seperti penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker di kemudian hari. Adanya bahaya yang mengancam membuatmu penting untuk mengetahui penyebab perut buncit pada wanita.

Dengan mengetahui penyebab perut buncit pada wanita kamu bisa menghindarinya dan kamu pun bisa tampil lebih percaya diri.

Simak terus artikel penyebab perut buncit pada wanita di bawah ini ya. Jangan lupa untuk berbagi artikel penyebab perut buncit pada wanita kepada keluarga, teman dan orang tersayang, agar mereka juga bisa mengetahui penyebab perut buncit pada wanita.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019) berikut penyebab perut buncit pada wanita yang perlu dihindari agar perut bebas buncit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Lemak Visceral

Lemak visceral disebut juga lemak intra abdomen, lemak yang tertimbun di bawah otot dan mengelilingi organ vital, termasuk di dalam perut bunci. Lemak ini akan dimetabolisme di hati yang kemudian akan diubah menjadi kolesterol darah.

3 dari 8 halaman

2. Bakteri Firmicutes

Menurut penelitian di dalam usus manusia terdapat ribuan bakteri yang terdiri dari bakteri yang memiliki manfaat untuk kesehatan maupun bakteri yang merugikan. Salah satu jenis bakteri yang ada pada usus manusia dan merugikan untuk kesehatan adalah bakteri firmicutes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bakteri dengan jenis ini bisa meningkatkan jumlah kalori yang diserap tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Tentunya hal ini dapat meningkatkan produksi lemak di perut yang akhirnya membuat perut buncit.

4 dari 8 halaman

3. Bertambah usia

Dengan pertambahan usia akan membuat seseorang kehilangan massa otot, terutama jika kurang berolahraga dan lebih banyak duduk. Berkurangnya massa otot akan menurunkan metabolisme tubuh dalam mengolah kalori.

Akibatnya, kemampuan sel lemak di beberapa organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi dalam menyimpan lemak. Itu sebabnya jika seseorang kelebihan lemak, maka lemak akan langsung terkumpul ke bagian perut, yang menjadi penyebab perut buncit.

Pertambahan usia memang sesuatu yang tak bisa kita hindari, oleh sebab itu kita seharusnya semakin banyak berolahraga.

5 dari 8 halaman

4. Menopause

Penyebab perut buncit juga bisa karena faktor Menopause. Beberapa wanita mengalami kenaikan lemak perut saat berada pada fase menopause, yang biasanya terjadi satu tahun setelah seorang wanita memiliki periode menstruasi terakhirnya.

Pada waktu tersebut, kadar estrogen turun drastis, sehingga menyebabkan lemak disimpan di perut, bukan lagi pada pinggul dan paha. Satu studi menemukan jika wanita yang menopause dini cenderung mendapatkan lemak perut tambahan.

Sama dengan pertambahan usia, menopause juga tidak bisa dihindari. Salah satu caranya untuk wanita yang telah memasuki menopause harus rutin berolahraga.

6 dari 8 halaman

5. Wanita menderita PCOS

PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang karena hal-hal yang tidak diketahui.

PCOS membuat wanita memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan sering memicu kenaikan berat badan, terutama karena lemak di sekitar perut.

7 dari 8 halaman

6. Stres

Stres juga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Pada banyak orang, saat mengalami stres, nafsu makan akan meningkat terutama makan makanan manis dan tinggi lemak sehingga menyebabkan penumpukan lemak berlebih di perut.

Selain itu, hormon kortisol alias hormon stres, akan meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan melebarkan ukuran sel lemak. Nah tingginya kadar hormon kortisol dalam tubuh sering dikaitkan dengan meningkatnya lemak perut.

8 dari 8 halaman

7. Postur Tubuh yang Bungkuk

Faktor yang dapat membuat perut kita buncit tanpa disasarai ialah dari postur tubuh yang bungkuk. Saat kamu berdiri dengan posisi yang bungkuk maka perutmu akan terlihat lebih besar, namun ketika kamu berdiri dengan posisi tegak maka perutmu akan terlihat lebih kecil.

Hal ini dikarenakan saat kita berdiri maupun duduk dengan posisi tegak maka otot-otot pada bagian perut akan tertarik ke atas, yang membuat perut akan jadi nampak lebih kecil. Nah, mulai sekarang biasakan duduk dengan postur yang tegak ya!

Nah, itulah beberapa penyebab perut buncit pada wanita. Agar bisa terhindar dari perut buncit, pastikan untuk selalu menjaga pola hidup sehat, olahraga teratur yang teratur dan makan makanan yang bergizi.

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.