Sukses

Gangguan Pendengaran Langka, Wanita Ini Tidak Bisa Dengar Suara Pria

Perempuan Tiongkok tersebut dilaporkan mengalami gangguan pendengaran langka bernama RSHL

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita di Tiongkok didiagnosis mengalami gangguan langka pada pendengarannya. Kondisi itu membuatnya tidak bisa mendengar suara pria.

Melansir Foxnews.com pada Senin (14/1/2019), wanita yang dijuluki Chen itu awalnya tidak bisa mendengar suara sang kekasih suatu pagi. Daily Mail melaporkan, dia segera dibawa ke Rumah Sakit Qianpu untuk bertemu dokter.

Chen diperiksa oleh dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan. Dia diketahui mengalami reverse-slope hearing loss atau RSHL yang langka. Menurut Thigpen Hearing Center di Tennessee, Amerika Serikat, dari 12 ribu kasus gangguan pendengaran, hanya satu orang yang menderita kondisi ini.

Kondisi tersebut biasanya membuat penderitanya kesulitan ketika mendengar suara dengan frekuensi rendah.

"Dia bisa mendengar saya ketika saya bicara dengannya, tetapi ketika seorang pasien pria masuk, dia tidak bisa mendengarnya sama sekali," kata dokter yang merawat Chen Lin Xiaoqing.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab gangguan

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh genetika. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan adanya faktor-faktor lain yang membuat seseorang menderita RSHL.

Xiaoqing mengatakan, ada kemungkinan apa yang dialami Chen diakibatkan karena stres. Selain itu, wanita tersebut dilaporkan tidak memiliki jumlah tidur yang cukup.

Di malam sebelum kejadian tersebut, Chen mengatakan dirinya merasa mual dan berdenging di telinganya. Untungnya, dia dilaporkan sudah mendapatkan perawatan dan diharapkan akan pulih sepenuhnya.

Mengutip Medical Daily, laman Audiology Hears mengatakan bahwa hal yang hilang ketika Anda mengalami RSHL adalah hilangnya suara lingkungan.

"Jika Anda tidka dapat mendengar suara mobil datang, Anda tidak dapat menghindarinya. Jika seseorang yang agak jauh dari Anda mencoba memperingatkan Anda akan sesuatu, Anda mungkin tidak akan mendengarnya karena volume adalah produk dari frekuensi yang lebih rendah," tulis laman tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.