Sukses

Kisah Haru Anshu Kumar, Pria Mirip Alien dari India

Berasal dari keluarga miskin, Kumar tak punya uang untuk memeriksakan kondisi wajahnya yang disebut-sebut mirip alien. Menurut dugaan, ia mengalami kondisin sindrom Jacobson.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria 21 tahun asal India, Anshu Kumar, tengah ramai dibincangkan publik karena dianggap memiliki kondisi wajah mirip alien. Dia memiliki kepala yang lebih besar dari tubuhnya, membuatnya kesulitan berdiri bahkan sulit berjalan normal.

Dokter mengungkapkan kondisinya mungkin merupakan sindrom Jacobsen, yakni suatu kondisi langka yang disebabkan oleh hilangnya beberapa gen dalam kromosom 11. Kondisi ini terkadang disebut parsial monosomi 11. Kondisi ini terjadi pada sekitar 1 dari 100.000 bayi baru lahir.

Seperti dilansir Healthline, sindrom Jacobsen sering menyebabkan cacat lahir, gangguan perilaku, gangguan ingatan dan keterampilan berpikir. Sindrom ini juga dikaitkan dengan autisme. Bahkan kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan yang serius.

Gejala fisik lainnya termasuk fitur wajah yang khas, termasuk mata lebar dengan kelopak mata turun, telinga kecil, sudut mulut yang menurun, rahang bawah kecil, bibir atas yang tipis, lipatan kulit menutupi sudut dalam mata.

Banyak orang dengan sindrom Jacobsen juga mengalami gangguan kognitif, termasuk ada masalah dalam perkembangan kemampuan bicara dan motorik.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berasal dari keluarga miskin

Terlepas dari kondisi tersebut, Anshu merupakan buruh yang memiliki latar belakang keluarga miskin. Hal ini membuatnya harus hidup meski hanya memiliki penghasilan yang sedikit.

Anshu juga tidak dapat mengunjungi dokter spesialis untuk mengatasi kondisinya. Dengan kondisi fisik yang tidak biasa, tak jarang orang menertawakan penampilannya lalu menyebutnya sebagai alien.

"Banyak orang tidak menyukaiku karena penampilanku," katanya, seperti dikutip Boldsky.

Ejekan orang itu sangat menyakitinya. Setiap hari, Anshu bermimpi bisa menjadi orang yang normal.

Dia juga mengatakan, tak akan menolak jika mendapatkan bantuan dari pemerintah atau dana dari orang-orang agar dia dapat hidup normal. Dia berharap bisa menikah dan memiliki keluarga.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.