Resolusi 2019 Pemilik Hewan Peliharaan, Ingin Anjingnya Lebih Rajin Olahraga

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 10 Jan 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 10 Jan 2019, 13:00 WIB
Pelihara Hewan Kesayangan, Ini Manfaatnya Bagi Anak
Perbesar
Memiliki hewan peliharaan kesayangan dapat memberikan manfaat, terutama bagi anak-anak. Hasil ini juga sudah dibuktikan secara ilmiah. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Lebih banyak berolahraga sepertinya bukan hanya resolusi tahun baru untuk manusia saja. Hewan peliharaan pun dianggap membutuhkan resolusi semacam itu.

Dilansir dari New York Post pada Kamis, 10 Januari 2018, sebuah studi menunjukkan bahwa 61 persen pemilik hewan peliharaan membuatkan resolusi tahun baru untuk anjing atau kucing mereka. Studi ini dilihat dari seribu pemilik peliharaan di Amerika Serikat.

Sekitar setengah dari semua pemilik anjing membuat resolusi untuk peliharaan mereka. Sementara, hanya 27 persen yang memiliki resolusi untuk kucingnya.

Survei yang dilakukan OnePoll dan perusahaan kesehatan hewan peliharaan NomNomNow menemukan, berolahraga menjadi resolusi yang paling banyak diharapkan. 56 persen pemilik hewan menginginkan agar hewannya rajin olahraga atau berlatih. 49 persen juga ingin melakukan aktivitas yang baru.

Sementara 49 persen pemilik hewan peliharaan menginginkan agar mahluk berkaki empat yang mereka punya menurunkan berat badan. 47 persen ingin kebersihan yang lebih baik dan 44 persen memiliki resolusi agar hewan mereka mempunyai lebih banyak waktu bermain.

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Hewan peliharaan juga rentan obesitas

20160330-Ilustrasi-Kucing-iStockphoto
Perbesar
Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Survei juga menemukan bahwa 71 persen pemilik hewan memandang tahun baru adalah kesempatan yang tepat agar teman binatang mereka menjadi lebih sehat.

43 persen pemilik yang memiliki rencana penurunan berat badan atau olahraga pada hewan peliharaan, 81 persen telah melakukan diet dan olahraga bersama mereka.

"Obesitas adalah epidemi sesungguhnya pada anjing dan kucing yang menyebabkan sejumlah masalah kesehatan jangka panjang yang berpotensi berbahaya," kata ahli gizi veteriner Dr. Justin Shmalberg.

"Keputusan terbaik yang bisa diambil orangtua dari hewan peliharaan dengan kelebihanberat badan adalah dengan benar-benar terlibat cara-cara untuk mengurangi asupan kalori dan menghindari makana berlebih," tambah Shmalberg.

Shmalberg mengatakan, makanan segar bisa menjadi konsumsi yang bagus untuk diet anjing atau kucing.

"Tetapi penting untuk mengenalkannya secara perlahan dan bukan hanya karena ada sisa makanan berlebih di sekitar akhir tahun ini," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓