Bukan Cuma Permen, 10 Makanan Ini Juga Merusak Gigi (2)

Oleh Fitri Syarifah pada 08 Jan 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 08 Jan 2019, 21:16 WIB
Rahasia Membuat Keripik Kentang Sendiri di Rumah Super Renyah

Liputan6.com, Jakarta Selain permen, ada minuman dan makanan lain yang bila dikonsumsi terlalu sering bisa menimbulkan masalah pada gigi. Apalagi bila ditambah malas menggosok gigi dan tidak rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter.

Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa membuat gigi rusak. Salah satu diantaranya mungkin Anda sering lakukan. Selengkapnya seperti dilansir Reader's Digest, Selasa (8/1/2019).

6. Kopi, teh, frappe

Kopi dan teh bersifat asam dan diuretik, yang artinya bisa mengeringkan mulut Anda. “Sementara air liur adalah sistem penyangga alami untuk membersihkan sisa makanan di mulut,” kata dr Rodriguez.

Ketika kehabisan liur, maka seseorang akan lebih rentan mengalami gigi berlubang dan gusi. Bagaimana dengan frappe? Anda mungkin merasakannya bahwa minuman tersebut penuh gula.

7. Keripik

Keripik keras bukan hanya dapat melukai gusi, tapi sebagai karbohidrat olahan, camilan ini pada dasarnya adalah makanan untuk bakteri mulut. Semakin ekstrem rasa keripik, semakin buruk itu.

 

2 of 2

8. Es Batu

Diet es batu
Diet es batu. (Foto: unsplash)

 

Mengunyah es dapat dengan mudah merusak gigi. Dokter gigi Stefanac juga mengatakan sering mengunyah es batu bisa melemahkan gigi.

8. Obat tetes pereda batuk

Anda mungkin tidak mengklasifikasikan obat batuk sebagai permen, tetapi itulah yang ada di gigi Anda. Dr. Stefanac pernah mengingatkan seorang pasien yang mengalami banyak kerusakan gigi karena dia kerap minum obat pelega tenggorokan.

10. Alkohol

Semua minuman keras mengandung karbonasi bersifat asam, yang juga mengikis enamel gigi. Selain gula, minuman dengan kandungan alkohol yang lebih tinggi dapat mengeringkan mulut Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap gigi berlubang dan gusi.

 

Saksikan juga video menarik berikut

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait