Tips Buat Kamar Tidur yang Nyaman, Ini Saran Ahli Feng Shui

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 07 Jan 2019, 21:00 WIB
Ilustrasi kamar tidur nuansa biru (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kamar tidur bisa dibilang menjadi salah satu "tempat sakral" yang ada di rumah. Karena itu, untuk mengatur agar tempat tersebut menjadi nyaman dan menyehatkan tentu tidak boleh sembarangan. Salah satunya, cobalah dengan feng shui.

Mengutip dari Everydayhealth.com pada Senin (7/1/2019), menurut filosofi feng shui, ada hubungan langsung antara ruangan dengan perasaan Anda yang ada di dalamnya.

"Ada konsep Cina bahwa semuanya diisi dengan chi atau dengan energi," kata seorang arsitek di New York feng shui R.D. Chin. Dia mengatakan, yang penting adalah ruang terbuka untuk mendorong chi atau aliran energi positif.

Selain itu, Anda juga bisa mengisi ruangan dengan apa yang paling mendukung kehidupan. Perhatikan apakah ruangan tersebut membuat Anda merasa baik atau buruk ketika berada di dalamnya.

Untuk kamar tidur, Chin mengatakan tempat tersebut harus menjadi ruangan yang memulihkan energi Anda, serta tempat favorit untuk beristirahat di akhir hari yang panjang.

Dia merekomendasikan meniru tempat spa untuk kamar tidur. Misalnya dengan pencahayaan yang lembut, aromaterapi, tanaman, serta salt lamp dan penghalang suara.

"Ciptakan lingkungan yang sangat damai atau benar-benar memelihara jiwa Anda," kata Chin.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 of 3

Hindari cermin besar

Tempat Tidur
ilustrasi foto stylish bed room/ kamar tidur (iStockphoto)

Selain itu, penempatan perabotan juga harus dicermati. Misalnya, Anda tidak boleh menaruh kepala tempat tidur ke arah pintu. Sehingga, kaki Anda harus menunjuk ke pintu.

Chin juga menyarankan agar kliennya menghindari meletakkan cermin besar di kamar tidur. Dalam feng shui, cermin besars menciptakan energi terlalu besar dan mencegah tidur nyenyak.

Selain itu untuk pasangan, menaruh meja di setiap sisi tempat tidur sangat direkomendasikan. Ini dianggap sebagai harmoni dan keseimbangan dalam hubungan pasangan.

"Cobalah untuk menjaga kamar Anda sesederhana mungkin, beberapa elemen bagus ini akan sangat membantu," kata Chin.

 

3 of 3

Menjauhkan perangkat elektronik

Ilustrasi gawai sebelum tidur (iStockphoto)
Ilustrasi gawai sebelum tidur (iStockphoto)

Chin juga menambahkan, jagalah kamar tidur dari perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop. Menggunakan perangkat elektronik yang memancarkan cahaya biru sebelum tidur dapat mencegah Anda tidur nyenyak.

"Setidaknya Anda mencoba memisahkan energi yang berbeda," kata Chin.

"Cobalah untuk tidak memiliki TV, komputer, atau telepon di kamar," tambahnya.

Jika Anda kesulitan memisahkan diri dari ponsel atau laptop, setidaknya hindarilah melihat layar di malam hari. Paling tidak beberapa jam sebelum tidur.

Lanjutkan Membaca ↓