Sukses

3 Tips Ampuh agar BAB Lancar

Bagi yang sering sembelit, berikut tips agar BAB esok lancar.

Liputan6.com, Jakarta Kerap mengalami sulit buang air besar (BAB), pasti tak menyenangkan. Salah satunya perut jadi tak nyaman.

Selain memasukkan buah dan sayur dalam menu harian Anda, pastikan juga melakukan tiga hal berikut agar BAB lancar.

- Minum banyak air putih 

Air membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Saat tubuhmu terhidrasi, maka seluruh proses sistem tubuh berjalan dengan lancar, termasuk dengan sistem pencernaanmu dan akhirnya kamu bisa terhindar dari sembelit.

- Mematuhi 'jam alam'

Tubuh manusia memiliki jam alam tersendiri. Ada saatnya kamu merasa ngantuk di malam hari karena lelah, serta ada saatnya kamu merasa mulas ingin buang air di pagi hari.

Nah, saat di pagi hari kamu merasakan panggilan alam tersebut, maka patuhilah. Sebab jika kamu mengabaikannya, maka hal ini bisa mengundang sulit BAB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga

Kamu ingin selalu lancar BAB? Sediakan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga. Gerakan sederhana ini akan mendukung sistem metabolisme yang membuat BAB-mu lancar.

Keinginan buang air besar secara lancar seringkali memantik perilaku tergesa-gesa dan sembrono seperti mengonsumsi obat pencahar. Hal ini harus dihindari karena dapat mengganggu kerja sistem pencernaan.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.