Usai Melahirkan, Berapa Lama Ibu Harus Dirawat di Rumah Sakit?

Oleh Babyologist pada 01 Jan 2019, 16:00 WIB
20151013-Ilustrasi Proses Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak ibu baru yang bertanya-tanya berapa lama waktu yang diperlukan untuk menjalani perawatan di rumah bersalin usai melahirkan. Meski terkesan sederhana, namun pertanyaan itu cukup menggelitik. Laman Babyologist coba menjelaskannya.

Jawaban atas pertanyaan tersebut tergantung pada apakah Moms melahirkan secara normal atau caesar dan apakah ada komplikasi dari kelahiran atau tidak.

Moms umumnya akan menginap di rumah sakit selama 24 hingga 48 jam. Moms harus beristirahat dan menunggu sampai efek bius hilang. Dokter dan perawat akan ingin memantau Moms dan si Kecil untuk hari pertama atau lebih untuk memastikan tidak akan ada potensi masalah ke depannya.

Jika Moms ingin keluar lebih cepat dari 24 jam setelah melahirkan, bicarakanlah dengan dokter kandungan tentang hal itu sebelum melalui proses melahirkan. Jika Moms memilih untuk pulang lebih awal, Moms harus memeriksakan si Kecil ke dokter dalam dua atau tiga hari setelah meninggalkan rumah sakit. Moms juga harus menemui dokter atau bidan, tetapi Moms dapat menunggu seminggu atau lebih selama Moms masih merasa baik-baik saja.

Jika Moms melahirkan dengan c-section tanpa komplikasi, Moms mungkin akan berada di rumah sakit selama dua hingga empat hari. Namun, ibu dengan komplikasi mungkin akan perlu tinggal lebih lama.

Setelah operasi caesar, pihak rumah sakit akan ingin memastikan Moms dapat melakukan hal-hal berikut sebelum pulang: berjalan ke kamar mandi, buang air kecil tanpa kateter, serta makan dan minum tanpa muntah. Staf medis juga akan memastikan si Kecil cukup sehat untuk meninggalkan rumah sakit.

Jika Moms perlu menginap, suami mungkin dapat tinggal bersama Anda di bangsal pasca melahirkan. Beberapa unit memiliki kamar pribadi dengan kursi-tidur atau dipan untuk penunggu. Cek daftar akomodasi rumah sakit untuk memastikan adanya fasilitas ini.

Semoga bermanfaat.