Sukses

Pakai Kokain Sudah Lama Seperti Steve Emmanuel, Apa Efeknya pada Tubuh?

Mulai dari permasalahan emosi hingga fisik, berikut efek menggunakan kokain bertahun-tahun.

Liputan6.com, Jakarta Aktor Steve Emmanuel (35) mengaku sudah sejak 2008 mengonsumsi narkoba jenis kokain. Steve ditangkap di lobi apartemen Kondominium Kintamani, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dengan barang bukti 92,04 gram kokain. (Baca: Steve Emmanuel Akui Pakai Kokain Sejak 2008)

Orang yang sudah lama terpapar kokain akan membuat sensitivitas otak terhadap kepuasaan dan kesenangan alami berkurang. Pada saat yang sama, bagian otak yang terkait stres jadi lebih sensitif. Hal ini membuat orang yang sudah lama menggunakan kokain jadi gampang merasa tak nyaman dan dalam suasana hati buruk ketika tidak tidak pakai kokain, seperti dilansir laman drugabuse.gov, Jumat (28/12/2018).

Kondisi ini membuat pengguna kokain jadi ketergantungan pada benda terlarang itu dibandingkan hubungan, makanan, atau reward alami lainnya.

Jika penggunaan kokain sering, biasanya dosisnya juga makin bertambah untuk bisa mendapatkan kesenangan. Bila tidak terpenuhi bisa menyebabkan orang tersebut merasa cemas dan kejang.

Bila dosis makin tinggi, hal ini bisa menyebabkan orang tersebut jadi gampang marah, gelisah, serangan panik, bahkan mengalami halusinasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkurangnya fungsi penciuman

Bila seseorang mengonsumsi kokain dengan dihirup bisa berdampak buruk pada indra penciuman. Mulai dari hilangnya indra penciuman, mimisan, masalah menelan, suara serak dan iritasi hidung.

Pada orang yang menggunakan kokain dengan cara disuntikkan di lengan bawah lebih berisiko tertular penyakit menular, seperti HIV dan hepatitis C.

Orang yang menggunakan kokain bertahun-tahun berisiko mengalami masalah gerakan dan Parkinson. Selain itu, terjadi peningkatan stroke dan pendarahan di otak.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.