Sukses

Saran Pakar untuk Atasi Malu Saat Kencan Pertama

Jangan biarkan rasa malu dan kurang percaya diri membunuh kencan pertama Anda

Liputan6.com, Jakarta Berbicara dengan lawan jenis pada kencan pertama dan membuat mereka merasa nyaman bukanlah perkara mudah, terlepas dari apa yang selalu kita lihat dalam film. Tak ada yang salah menjadi pemalu. Namun sangat memprihatinkan jika sikap tersebut justru membuat Anda terus melajang.

Masalahnya adalah kita sering membiarkan rasa malu mengalahkan kita dalam situasi romantis. Anda tidak ingin sendirian, tetapi Anda sangat gugup dalam situasi sosial (dan takut ditolak) sehingga Anda memilih untuk tinggal di rumah dan menonton teve.

Sebetulnya Anda bisa mencoba mengatasi rasa malu, seperti melansir laman Menshealth berikut ini. Apa sajakah itu?

1. Ubah sikap

Menurut Dr. Kristie Overstreet, seorang psikoterapis dan seksolog klinis, Anda harus mengubah seluruh pandangan tentang kencan. Jauhkan pikiran tentang penolakan, itu yang terpenting. Seandainya mereka menolak Anda, itu bukan masalah besar. Ini bukanlah kesalahan Anda, yang perlu Anda lakukan adalah kembali move on dan mencari yang baru.

2. Beritahu jika Anda pemalu

Jangan dirahasiakan, tapi utarakanlah. Biarkan teman kencan tahu jika Anda adalah seorang pemalu. Dengan begitu ia akan lebih mudah memahami sikap Anda saat kencan. Sikap jujur ini akan membuat mereka tersanjung dan gemas.

Jangan biarkan rasa kurang percaya diri membunuh kencan pertama Anda. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mungkin ia juga pemalu

3. Mungkin ia juga pemalu

Tak peduli seberapa seksi, keren, atau lucu orang yang Anda ajak kencan, mereka juga memiliki sisi pemalu sama seperti Anda. Hanya saja mungkin mereka dapat mengendalikannya dengan lebih baik.

Jika Anda berdua sadar bahwa Anda gugup, Anda dapat melepaskan tekanan itu. Bahkan jika mereka sama sekali tidak gugup, orang yang baik hati akan berempati terhadap perasaan Anda dan menyadarinya.

4. Ambil napas dalam-dalam

Ambil napas sekuat tenaga, tahan selama 4 detik dan lepaskan selama 4 detik. Lakukan ini beberapa kali sebelum Anda pergi kencan. Juga jika Anda merasa gugup saat kencan.

"Tubuh secara otomatis akan mulai rileks ketika menarik napas dalam-dalam. Ini akan membantu Anda merasa lebih tenang," kata Overstreet.

5. Postur yang baik

Penampilan fisik sangat penting dalam kencan pertama. Cara ini dapat menutupi sedikit kekurangan (rasa malu) Anda. Pastikan setelan yang Anda kenakan dalam kondisi rapi, harum dan bersih. Untuk menonjolkan rasa percaya diri, Anda cukup berdiri tegak, mengangkat kepala dan menatap matanya ketika sedang berbicara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.