Sukses

2 Posisi Tidur Rekomendasi Pakar untuk Cegah Rasa Sakit

Posisi tidur telentang dianggap yang paling baik untuk mencegah rasa sakit saat bangun pagi

Liputan6.com, Jakarta Selain meninggalkan ponsel, tempat tidur yang bersih, dan durasi yang cukup, ada hal lain yang harus diperhatikan saat kita tidur. Posisi tidur adalah salah satunya.

Dilansir dari curiosity.com pada Jumat (28/12/2018), posisi tidur yang salah bisa membuat Anda merasa pusing di pagi hari. Selain itu, posisi yang salah juga bisa menyebabkan sakit punggung dan leher, kelelahan, sleep apnea, kram otot, sakit kepala, mulas, hingga kerutan dini.

Menurut para ahli, posisi tidur yang paling baik adalah berbaring telentang dengan punggung di belakang. Posisi ini adalah posisi yang netral dan baik untuk menghilangkan rasa sakit yang mungkin diderita di siang hari. Walaupun begitu, posisi tersebut bisa membuat Anda mendengkur.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posisi tidur menyamping

Para peneliti sendiri mengatakan, posisi tidur lain rentan terhadap efek samping yang tidak diinginkan. Misalnya, tidur menghadap ke samping telah diketahui menyebabkan sensasi panas di dada atau hearburn. Ini dikarenakanan, otot di kerongkongan menjadi kendur, sehingga asam di perut mudah masuk ke tenggorokan.

Selain itu, posisi yang menurut National Sleep Foundation ini sering dilakukan orang-orang, juga bisa menyebabkan nyeri bahu dan pinggul.

Ahli obat tidur dan profesor di Albert Einstein College of Medicine Shelby Harris mengatakan, apabila Anda ingin tidur dengan posisi menyamping, pastikan bantal cukup tebal untuk menerima tekanan bahu. Selain itu, Harris juga menyarankan untuk menjepit bantal atau guling di antara kedua lutut.

 

3 dari 3 halaman

Posisi tidur terburuk

Posisi tidur terburuk menurut para ahli adalah tidur tengkurap. Posisi ini memberikan tekanan pada seluruh tubuh dan meningkatkan mati rasa dan nyeri sendi saat bangun pagi.

Harris merekomendasikan, jika melakukan ini, Anda harus menggunakan bantal yang lebih rata untuk mengurangi ketegangan pada leher.

Harris mengatakan, yang terpenting adalah kenyamanan saat tidur. Karena itu, Anda harus benar-benar melatih diri serta mencoba berbagai posisi yang paling nyaman.

"Meskipun umumnya direkomendasikan bahwa tidur telentang adalah posisi terbaik saat tidur, kenyamanan adalah kuncinya," kata Harris.

"Jika Anda kesakitan atau tidak nyaman dengan posisi tidur, itu bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.