Sukses

4 Tanda Anak Punya Kecerdasan di Atas Rata-Rata

Kecerdasan anak bakal biasa saja atau di atas rata-rata bisa terlihat sejak bayi.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua pasti menginkan memiliki anak yang cerdas. Selain faktor genetik, lingkungan juga berperan terhadap kecerdasan anak. Selain itu, ada juga orang yang beruntung dikaruniai kecerdasan.

Kecerdasan anak bakal biasa saja atau di atas rata-rata bisa terlihat sejak bayi. Dikutip dari Firstcry, berikut tanda-tanda seorang bayi bisa tumbuh jadi anak yang jenius.

1. Keterampilan komunikasi dan bahasa

Bayi kerap menyuarakan berbagai jenis suara, mulai dari bababa, caca, tertawa hingga tangisan. Bayi yang jenius biasa di usia 4-5 bulan sudah mulai bersuara, mengucapkan kata-kata pertama mereka sekitar 12 bulan. Bayi yang dengan mudah mengerti saat diberi instruksi juga menandakan kepintaran.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Merasakan emosi yang sangat kuat

Bayi yang berbakat dengan kecerdasan, juga memiliki aspek emosional yang kuat. Ini berarti mereka akan mengekspresikan emosi positif dan negatif dengan sangat jelas. Hal ini memicunya memiliki pemikiran yang rumit dan matang.

3 dari 5 halaman

3. Sangat fokus

Bayi memiliki rentang perhatian yang pendek dan mudah terganggu oleh suara atau gerakan baru yang terjadi di sekitar mereka. Mereka mungkin fokus pada tugas tertentu selama sekitar 10 hingga 15 menit pada saat mereka melakukan sesuatu.

Seorang anak berbakat, mampu fokus untuk jangka waktu yang lebih lama sejak usia dini, mungkin sebelum ia mencapai tanda enam bulan. Bila mereka sudah bisa mencocokkan bentuk dan warna sebelum berusia 10 atau 11 bulan, itu tandanya mereka jenius. 

 

4 dari 5 halaman

4. Mengingat dengan baik

Seorang anak mungkin memiliki ingatan yang tajam dari tahun-tahun awal jika ia benar-benar anak yang sangat cerdas. Mereka cenderung mengingat tempat-tempat yang dikunjungi sebelumnya, nama-nama orang dan bahkan lokasi tertentu.otaknya.

 

Laporan Mega Rasmiyati/Dream.co.id

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.