Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Hati-hati, Virus Gondongan Bisa Ganggu Sperma di Masa Depan

Ibu hamil yang menderita gondongan perlu waspada, virus penyakit itu dapat mengganggu pembentukan sperma janin laki-laki yang dikandungnya.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit gondongan dapat mengganggu pembentukan sperma. Bagi ibu hamil yang menderita penyakit gondongan perlu berhati-hati. Apalagi bila janin yang dikandung adalah laki-laki. Dampak buruk gondongan dapat memengaruhi janin.

Gondongan adalah penyakit yang menyerang kelenjar liur yang disebabkan oleh infeksi virus Paramyxovirus. Virus tersebut rupanya dapat menembus blood-testis barrier.

Blood-testis barrier adalah pembatas antara pembuluh darah dan tubulus seminiferus (tempat produksi, pematangan, dan transportasi sel sperma dalam testis pria). Virus juga akan mengganggu proses pembentukan sperma.

Artinya, jika ibu hamil menderita gondongan dan mengandung janin laki-laki. Maka, kelak si anak laki-laki saat dewasa berisiko tinggi terganggu pembentukan spermanya. Hal tersebut juga mengganggu kesuburan laki-laki.

"Efek gondongan juga terjadi pada ibu hamil yang calon anaknya berkelamin laki-laki. Paramyxovirus bisa menembus placenta barrier, yang meningkatkan risiko calon anaknya mengalami gangguan pembentukan sperma," papar dokter Obstetri dan Ginekologi Beeleonie saat ditemui di Madame Delima Restaurant, Jakarta, ditulis Rabu (26/12/2018).

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaya hidup sehat

Ketika terdiagnosis gondongan, maka ibu hamil perlu memeriksakan kesehatan reproduksi janin. Apakah pembentukan sperma pada testis mengalami kerusakan atau tidak.

Setelah anak lahir, gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan sayuran dan buah-buahan bisa diterapkan. Jauhkan dari kebiasaan merokok. Cara ini dapat memperbaiki kualitas sperma. Sperma terbentuk sehat

Pada pria, sperma baru dapat diproduksi. Butuh waktu tiga bulan untuk sperma baru matang.

Dokter Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter menjelaskan, gondongan disebut parotitis atau mumps ditandai oleh demam bersamaan dengan pembengkakan pada satu atau kedua kelenjar air liur. Kelenjar ini terletak di dekat telinga.

Pada orang gondongan biasanya terdapat benjolan di daerah belakang telinga yang mendesak cuping telinga ke depan disertai dengan demam dan rasa nyeri saat makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.