Dibuat Smoothie, Cara Paling Sehat Konsumsi Bayam

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 26 Des 2018, 07:00 WIB
Diperbarui 26 Des 2018, 07:00 WIB
smoothie bayam

Liputan6.com, Swedia Bayam yang dibuat smoothie menjadi cara paling sehat untuk makan sayur kegemaran Popeye itu. Cara ini tidak merusak kadar antioksidan. Ilmuwan menemukan, efek panas dari memasak dapat merusak antioksidan pada bayam.

Memasak bayam dengan kompor menyala dapat memecah antioksidan. Sementara itu, mencampurkan bayam mentah dengan yogurt atau susu, dan dijadikan smoothie membantu melepaskan nutrisi lutein yang kuat.

Lutein membantu turunkan risiko serangan jantung dan mencegah kerusakan mata, sesuai dilansir dari Mail Online, Rabu (26/12/2018).

Ilmuwan dari Linköping University, Swedia menguji berbagai cara memasak bayam yang dibeli di supermarket. Tujuannya melihat bagaimana kandungan nutrisinya berubah.

Mereka mengukur kadar lutein secara teratur dan menyimpulkan, daun bayam paling baik dicincang dan dikonsumsi mentah bersama susu.

"Yang terbaik adalah tidak memanaskan bayam sama sekali," kata peneliti dan penulis studi Rosanna Chung. "Dan yang lebih baik lagi adalah menjadikannya smoothie. Anda bisa menambahkan lemak dari produk susu, seperti krim, susu atau yogurt."

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Lebih banyak lutein dilepaskan

Ilustrasi Bayam (iStock)
Lebih banyak lutein pada bayam saat dibuat smoothie. (iStock)

Rosanna menjelaskan, ketika bayam dipotong-potong kecil, maka lebih banyak lutein dilepaskan dari daun dan lemak meningkatkan kelarutan lutein dalam cairan. Semakin banyak lutein larut dalam smoothie, semakin banyak yang dapat diserap oleh tubuh.

Memasak bayam dalam waktu lama dengan panas tinggi, misal dibuat lasagna atau menumisnya termasuk cara paling merusak.

Temuan juga menguak makanan yang dimasak dengan api kecil, seperti rebusan itu mengandung lebih banyak vitamin. Memanaskan bayam dalam microwave juga berpotensi menjadi pilihan yang lebih sehat.

3 dari 3 halaman

Kurangi pembengkakan kronis

Bayam (iStock)
Salah satu manfaat bayam adalah bisa mencegah sariawan. (iStockphoto)

Lutein pada bayam terbukti bantu mengurangi pembengkakan kronis pada pembuluh darah penderita penyakit arteri koroner. Hal ini dapat menurunkan risiko serangan jantung.

Kandungan lutein juga berfungsi sebagai vitamin mata yang paling utama. Karena lutein dianggap melindungi mata terhadap kerusakan dari sinar matahari.

Suplemen lutein juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker usus besar atau payudara, dan diabetes tipe 2.

Penelitian soal bayam smoothie dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait