Ini 5 Sebab Ibu Sulit Diet Setelah Melahirkan

Oleh Fitri Syarifah pada 23 Des 2018, 11:00 WIB
Ibu baru melahirkan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit wanita yang merasa sulit menurunkan berat badan atau sekadar memiliki waktu luang ke tempat kebugaran setelah melahirkan. Padahal, jika tahu cara mengatasi kelelahan mengurus anak, mereka pun bisa bugar seperti dulu.

Seperti halnya Kate Hudson yang banyak dipuji beberapa majalah kebugaran di Amerika. Di usia yang tak lagi muda, dengan anak tiga, dia disebut sebagai wanita paling seksi. Apa yang bisa dipelajari darinya?

Berikut beberapa kesalahan umum yang dihadapi ibu baru setelah melahirkan, seperti dikutip Livestrong pada Minggu, 23 Desember 2018

1. Tidak memiliki waktu untuk diri sendiri

Anda tidak bisa sehat jika tidak meluangkan waktu untuk diri sendiri. Hudson adalah ibu dari tiga anak laki-laki, co-founder pakaian olahraga Fabletics, dan masih berakting dalam film.

"Mari kita jujur, anak-anak tentu mengambil posisi nomor satu. Tapi penting meluangkan waktu untuk diri sendiri," tulisnya di posting Instagram sesaat setelah kelahiran putranya.

Meski banyak ibu baru merasa bersalah karena tidak mencurahkan seluruh waktu mereka untuk kebutuhan bayi. Akan tetapi penting untuk memperhatikan kebutuhan Anda terlebih dahulu--terutama ketika menyangkut kesehatan Anda.

Bahkan jika Anda hanya dapat membebaskan 10 menit sehari untuk memulai, manfaatkan semuanya.

 

2 of 3

Alasan Lainnya

2. Banyak alasan

"Saya tidak bisa ke gym adalah alasan yang saya dengar sepanjang waktu," kata Erin Aynes, seorang pelatih pribadi.

Menurutnya, Anda tidak perlu gym untuk berolahraga. Bawalah Anda dan bayi ke luar rumah untuk berjalan-jalan. Nikmati udara segar dan sinar matahari pagi selama 20 hingga 30 menit.

Anda bahkan bisa melompat-lompat di rumah dan berolahraga selama waktu anak tidur siang. Anda juga dapat melihat beberapa video online atau aplikasi kebugaran di ponsel Anda.

3. Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Lupakan tentang Kate Hudson. Jadilah diri sendiri secara utuh agar tubuh dan pikiran lebih sehat. Tidak membandingkan orang lain akan membuat Anda lebih fokus pada diri sendiri.

 

3 of 3

Kesalahan Lain

4. Tidak Meminta bantuan

Beri tahu pasangan, teman, dan keluarga bahwa Anda ingin memiliki waktu untuk kesehatan Anda sendiri sehingga Anda siap untuk menjadi ibu. Minta mereka untuk membantu merawat anak kapan pun mereka bisa, dan cobalah untuk membuat mereka berkomitmen pada hari tertentu dan waktu tertentu.

Kemudian Anda dapat merencanakan untuk melakukan beberapa aktivitas baru.

5. Melakukan terlalu Cepat

"Satu kesalahan besar yang dilakukan ibu baru adalah memaksakan dirinya untuk berolahraga dalam program yang belum siap," kata Aynes.

Meskipun Anda mungkin putus asa untuk menurunkan berat badan, namun jangan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang tidak siap Anda lakukan. Anda mungkin akan stres dan memengaruhi produksi ASI.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait