Sukses

Alasan Pria Memilih Calon Istri yang Mirip Ibunya

Selain mirip fisik, pria juga lebih tertarik pada wanita yang memiliki kepribadian mirip ibunya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda para pria, coba perhatikan kembali wajah pacar atau istri Anda lalu bandingkan dengan ibu. Menurut riset, ada beberapa kemiripan wajah antara pasangan dengan ibu.

Peneliti di Finlandia melakukan studi yang melibatkan 70 pasangan heteroseksual. Lalu, membandingkan dengan wajah pasangan tersebut dengan orangtua masing-masing.

Hasilnya, wajah suami sama sekali tidak memiliki kemiripan dengan ayah dari istri. Namun, wajah istri memiliki beberapa persamaan dengan wajah ibu dari pria seperti disampaikan psikolog evolusi University of Turku, Urszula Marcinkowska.

"Evolusi dan seleksi alam telah memprogram pria mencari pasangan yang berasal dari grup spesies yang sama. Nah, sejak lahir pria kontak dekat dengan sang ibu, sehingga dia ada tempat yang selalu dicari. Sehingga, ia pun mencari pasangan yang mirip dengan ibunya," kata Urszula seperti dikutip laman Men's Health, Jumat (21/12/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak cuma mirip fisik

Bukan sekadar lebih tertarik secara fisik, pria juga cenderung 'klik' dengan pasangan yang yang memiliki kepribadian bahkan selera humor seperti ibunya.

"Ibu memiliki pengaruh kuat pada anak laki-lakinya. Ibu bukan hanya memberikan petunjuk seperti apa wanita yang layak dikencani, juga bisa memengaruhi pandangan sang anak tentang bagaimana seorang wanita," kata psikolog asal Amerika Serikat, Joyce Brothers seperti dikutip laman Marie Claire. 

Maksud Joyce seperti ini, bila ibu tersebut membesarkan anak-anaknya dengan penuh kehangatan dan kasih sayang berlimpah, hal tersebut membuat anak laki-laki berpikir bahwa wanita itu ya seperti itu. Sehingga ia akan tertarik dengan pasangan dengan kepribadian seperti ibunya. Anak laki-laki ini juga akan tumbuh jadi sosok yang hangat dan kooperatif di dalam rumah.

Jika anak laki-laki dibesarkan ibu yang temperamental dan depresi tapi di waktu lain baik hati, kemungkinan akan membuat anak laki-lakinya jadi takut akan cinta sang ibu. Saat ia besar, kemungkinan akan takut dengan komitmen dalam berhubungan. Jika memiliki ibu yang kuat, tangguh, dan mandiri, hal ini akan membuat anak laki-laki mencari wanita yang juga tangguh seperti ibunya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.