Terlalu Banyak Makan Kol, Air Kencing Berbau Menyengat

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 19 Des 2018, 15:00 WIB
Diperbarui 19 Des 2018, 15:00 WIB
Ilustrasi bau (iStock)
Perbesar
Terlalu banyak makan kol, air kencing berbau tidak enak. (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin mencium aroma air kencing sendiri berbau tidak enak atau tajam. Penyebab hal itu dapat dipengaruhi dengan makanan yang dikonsumsi.

Urolog Doctify Marc Laniado menyebut, ada beberapa makanan yang memengaruhi bau air kencing. Makanan yang menyebabkan bau air kencing menyengat ada yang berasal dari sayuran hijau, misal kol.

"Kol dapat membuat air kencing berbau busuk. Jadi, jika Anda mencium air kencing berbau menyengat. Coba dan ingat, apa yang Anda makan baru-baru ini," jelas Marc, dikutip dari Netdoctor, Rabu (19/12/2018).

Sebagian orang juga menghindari asparagus karena membuat air kencing berbau tidak enak. Makanan lain, seperti lobak, kembang kol, dan bawang putih juga menyebabkan air kencing berbau.

"Menariknya, hanya sebagian orang yang dapat mencium bau busuk itu. Alasannya, tidak dipahami dengan jelas," lanjut Marc.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Terkandung kadar sulfur

Ilustrasi Kol
Perbesar
Kol terkandung kadar sulfur yang menyebabkan bau busuk. (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Pemicu kol yang membuat air kencing berbau tak enak berasal dari kandungan sulfur. Kadar sulfur (belerang) yang tinggi terkandung pada kol, brokoli, dan asparagus.

Bahan kimia ini memiliki bau tidak sedap alami, yang dapat memperburuk bau badan Anda. Dilansir dari Reader's Digest, bau yang tajam akan keluar melalui napas, keringat, dan gas (kentut, buang angin).

Di sisi lain, bukan berarti Anda harus menghindari makan kol dan sayuran lain sama sekali. Merebus sayuran tersebut dapat menghilangkan sebagian besar bau busuk (kadar sulfur).

Anda juga bisa menambahkan bumbu ketumbar, kunyit, dan jintan untuk menghilangkan sulfur.

Lanjutkan Membaca ↓