Sukses

Bukan Pangkas Berat Badan, 4 Resolusi Ini Bisa Dicoba di 2019

Tahun baru sudah di depan mata, sudahkah kamu membuat resolusi untuk diwujudkan di 2019?

Liputan6.com, Jakarta Tahun baru sudah di depan mata, sudahkah kamu membuat resolusi untuk diwujudkan di 2019? Punya tubuh lebih langsing, hidup lebih sehat, ingin lebih mengembangkan diri, adalah beberapa hal umum yang sering masuk dalam daftar resolusi tahun baru. Tapi, terlalu fokus pada satu hal seperti menurunkan berat badan terkadang malah bisa bikin stres.

Menurunkan berat badan dan membuang lemak berlebih di tubuh memang menyehatkan, tapi kesehatan tak melulu seputar masalah berat badan. Ada faktor lain terkait kesehatan yang lebih membahagiakan bagi mental dan fisik. Apa saja?

1. Jadilah aktif dan lakukan demi kesenangan

Alih-alih berniat menurunkan berat badan sebagai resolusi tahun baru, temukan aktivitas yang benar-benar kamu sukai serta memuaskan secara batin.

"Kamu akan lebih mungkin bertahan melakukan hal yang disukai karena mindset berada dalam kondisi positif dan endorfin tubuh akan menuntunmu," ujar Macie Crumb, pelatih serta instruktur yoga bersertifikat dari Studio Three, Chicago, melansir laman Popsugar, Senin (17/12/2018).

Aktivitas itu bisa berupa bergabung di kelas tari atau yoga. Akan lebih menyenangkan bila kamu melakukannya bersama teman-teman.

"Kamu juga akan mendapatkan manfaat sehat dari pelepasan endorfin serta tak terlalu fokus pada berat badan atau berapa banyak kalori yang terbakar," ujarnya.

2. Cuti dari media sosial

Media sosial bisa mengalihkan kita dari lingkungan sekitar dan menghabiskan waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk fokus pada kesehatan mental serta fisik.

"Periksa ponselmu dan lihat seberapa sering kamu menghabiskan waktu di Instagram serta aplikasi media soal lain. Usahakan untuk tak menggunakannya lebih dari 2,5 jam sehari. Mengurangi secara perlahan pun akan memberi hasil yang baik," ujar Crumb. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan lebih banyak sayuran

3. Makan lebih banyak sayuran

"Mengubah pola makan dengan memperbanyak asupan buah sayur menunjukkan bisa mencegah penyakit, melindungi diri dari masalah jantung, serta meningkatkan asupan serat," jelas Maggie Michalczyk, MS, RD.

Untuk menambah asupan sayuran dalam menu sehari-hari, kita tak perlu menjadi vegetarian. "Bisa sesederhana menerapkan aturan, Senin tanpa daging atau bereksperimen dengan memasukkan jenis biji-bijian dalam makanan sehari-hari. Fokus menambah atau mengganti komponen nutrisi dalam pola makan adalah cara paling menyenangkan ketimbang terlalu fokus pada resolusi memangkas berat badan," ujarnya.

4. Luangkan waktu untuk meditasi

"Lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, tapi para peneliti mengatakan mindfulness secara signifikan memberi mengaruh positif, kepuasan hidup, serta kesehatan secara menyeluruh," ujar Michalczyk.

Meluangkan waktu setidaknya 10 menit sehari untuk meditasi memberi manfaat positif pada daya tahan, mengurangi stres, serta meningkatkan daya ingat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.