Sukses

Hobi Nyinyir Mengapa Bisa Terjadi?

Di era media sosial seperti sekarang membuat orang mudah sekali nyinyir

Liputan6.com, Jakarta Istilah nyinyir semakin melebar di era digital kayak sekarang. Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dulu nyinyir diartikan mengulang-ulang perintah, atau cerewet. Sedangkan sekarang, kata tersebut untuk menggambarkan orang-orang yang suka mengkritik orang lain secara pedas.

Apa sebenarnya yang menyebabkan orang mudah sekali nyinyir?

Bila melihat situasi saat ini, banyak orang yang nyinyir karena rasa iri karena ketidakmampuan untuk memiliki hal yang ditampilkan orang tersebut. Biasanya, orang hanya berani nyinyir saat di media sosial atau tidak bertatap wajah secara langsung. 

Setiap orang tentunya pernah merasa iri kepada orang lain. Entah karena kesuksesannya, keluarga yang mungkin terlihat utuh dan bahagia, yang seolah-olah hidupnya tak pernah punya masalah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batas Iri

Namun yang menjadi masalah adalah, sampai di mana Anda dapat mengendalikan perasaan iri tersebut. Ada orang yang menjadikan rasa iri tersebut sebagai hal positif untuk memotivasi diri.

Sebaliknya, ada pula orang yang malah semakin mengembangkan rasa iri hati tersebut menjadi hal-hal negatif yang sebenarnya tidak berfaedah, misalnya selalu mengkritik dan menjelek-jelekkan orang di media sosial.

Akibatnya, lama-kelamaan orang tersebut hanya dipenuhi oleh hal-hal negatif dan semakin sulit untuk melihat hal-hal yang positif. Dia tidak bisa lagi turut berbahagia atas kesuksesan dan kebahagiaan orang lain. Sebaliknya, ia selalu berusaha untuk mencari hal-hal negatif dan keburukan dari orang lain.

Penulis : dr Karin Wiradarma / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini