Sukses

Hadapi Era Modern, 5 Karakter Ini Sebaiknya Dimiliki Anak Indonesia

Teknologi berkembang cepat, dibutuhkan anak-anak dengan karakter yang kritis, kreatif, dan percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak Indonesia sebaiknya memiliki karakter yang kuat dalam menghadapi zaman yang makin modern dan canggih. Paling tidak ada lima karakter yang sebaiknya diterapkan di kehidupan sehari-hari. Apa saja karakter tersebut?

Religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong itu adalah karakter yang sebaiknya anak-anak Indonesia miliki seperti disampaikan Staf Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Desliana Maulipaksi.

“Penting untuk menerapkan lima karakter utama ini karena di abad 21, di mana teknologi berkembang cepat dan negara lain sudah lebih maju, dibutuhkan anak-anak yang berpikir kritis, kreatif, dan percaya diri,” kata Desliana di hadapan puluhan anak dari Yayasan Miftahul Huda Kranggan di Aula Universitas Mercu Buana Kampus D, Jakarta pada Sabtu, 8 Desember 2018.

 

Soal percaya diri, kata Desliana, itu merupakan modal penting di abad 21. Anak-anak tak perlu malu mengemukakan pendapat atau gagasannya.

"Kalau diliat tadi anak-anak pesantren ini mereka kurang bisa mengemukakan gagasannya mungkin karena malu juga jadi mereka perlu lebih diangkat lagi potensinya, diangkat lagi kepercayaan dirinya seperti apa supaya nanti anak-anak Indonesia semuanya bisa percaya diri dan yakin kalau mereka tuh potensi,” tuturnya. (Laporan Fitriana Monica Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.