Sukses

Cek, 3 Penyebab Pusar Terasa Nyeri Ketika Hamil

Alasan dasar pusar menjadi sangat sakit ketika hamil besar, semua itu tergantung dari bentuk tubuh, seberapa besar perut ibu berkembang dan elastisitas kulit itu sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Selain mengalami morning sickness atau mual di pagi hari dan stretch marks, wanita juga merasakan hal lain ketika hamil yakni pusar terasa sakit. Rasa sakit di pusar itu terkadang tak kunjung reda karena tubuh memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri.

Dilansir dari Healthline, alasan dasar pusar menjadi sangat sakit ketika hamil besar, semua itu tergantung dari bentuk tubuh, seberapa besar perut ibu berkembang dan elastisitas kulit itu sendiri. Beberapa kondisi kesehatan juga bisa jadi pemicunya, namun ini penjelasan mengapa pusar jadi begitu sakit ketika hamil.

Peregangan

Kulit dan otot mengalami peregangan atau stretching maksimal di mana tidak pernah dirasakan sebelumnya. Ketika hal ini terjadi, kulit bisa mengalami stretch mark, gatal dan rasa sakit karena perkembangan perut yang terus membesar. Pusar juga secara otomatis akan mengalami tekanan dan dalam prosesnya, iritasi bisa saja terjadi.

Tekanan dari rahim

Memasuki trimester ketiga tekanan yang paling besar tentu berasal dari rahim yang membesar. Dan ini bisa menekan perut dan pusar keluar sehingga menimbulkan rasa sakit. Jadi jangan heran jika pernah melihat beberapa ibu hamil yang mengaku pusarnya menonjol keluar dari perutnya. Hal ini terutama terjadi di usia kehamilan minggu-minggu akhir.

Hernia umbilikalis

Hernia umbilikalis terjadi ketika ada terlalu banyak tekanan di area perut. Hal ini bukan hanya terjadi pada ibu hamil. Perempuan obesitas bisa juga mengalaminya. rasa sakit ini terutama berada di pusar, diikuti rasa mual dan keinginan muntah. Konsultasikan ke dokter jika ini masalahnya.

Untungnya, rasa sakit ini tidak berbahaya. Seiring berjalannya waktu, rasa sakit itu akan hilang atau akan hilang setelah melahirkan.

Sumber: Febi Anindya Kirana/Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini