Sukses

Anak Paling Bahagia Saat Bermain dengan Orangtua

Bahkan, rasa bahagia anak saat bersama orangtua bahkan lebih tinggi dibandingkan saat bermain dengan adik atau kakak.

Liputan6.com, Jakarta Bukan tentang apa yang dimainkan, tapi bermain dengan siapa. Itu adalah hal yang penting bagi anak. Bagi anak, yang paling membuat anak bahagia adalah ketika bermain bersama orangtuanya.

Menurut studi Child Happiness yang dirilis Juli lalu, rasa bahagia anak saat bersama orangtua bahkan lebih tinggi dibandingkan saat bermain dengan adik atau kakak.

Studi yang dipaparkan oleh Nestle Lactagrow itu melibatkan 370 orangtua yang memiliki anak usia 2-5 di enam kota terbesar di Indonesia.

Walau anak bahagia, pada penelitian ini lebih dari 50 persen orang tua merasa belum cukup hadir dan terlibat dalam kegiatan bersama si Kecil seperti dikutip dari rilis yang diterima Health-Liputan6.com.

Menurut psikolog Elizabeth Santosa, banyak orang tua yang masih belum bisa memaksimalkan keterlibatan mereka bersama anak meskipun telah susah payah menyisihkan waktu.

"Tantangan hidup modern seperti tingkat stres yang lebih tinggi atau interaksi yang intens dengan handphone misalnya, membuat keterlibatan emosional menjadi tantangan baru bagi orang tua," kata Elizabeth.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips agar orangtua terlibat saat bermain dengan anak

Berikut tips dari Elizabeth bagi orangtua agar lebih terlibat dalam kegiatan anak:

- Bukan fokus pada jenis aktivitas, namun pada waktu kebersamaan

- Tidak ada distraksi pada saat melakukan aktivitas bersama anak

- Melakukan eye to eye contact saat bersama anak

- Buatlah anak merasa dirinya paling penting

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.