Sukses

Pria, Ketahui Penyebab Penis Mengecil Saat Udara Dingin

Pernah menyadari tidak bila berada di suatu tempat yang dingin membuat penis mengecil. Berikut alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Saat suhu udara dingin, para pria kerap mengeluhkan ukuran penis yang tampaknya jadi lebih kecil. Adalah normal bila ukuran penis jadi menyusut saat di suatu tempat dengan suhu lebih dingin dari biasanya. 

Dilansir dari Medical Daily, suhu dingin yang terjadi baik dari udara atau air dapat berpengaruh terhadap sirkulasi darah di dalam penis. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah menyempit atau diketahui sebagai vasoconstriction.

Kondisi tersebut menyebabkan bagian dalam penis menjadi kekurangan suplai darah dan mengecil. Darah dari bagian tersebut tersebar di seluruh tubuh yang lebih membutuhkan suplai darah karena kondisi tubuh yang tidak prima.

Menurut urolog Aaron Spitz penyusutan penis merupakan mekanisme perlindungan tubuh ketika menghadapi tekanan.

"Pada tubuh terdapat saraf symphatetic yang merespons ketika mengalami tekanan dan mencoba untuk melindungi diri. Dingin merupakan sebuah tekanan yang dialami tubuh, dan pada saat itulah saraf symphatetic ini bekerja melindungi tubuh dengan mengambil darah dari ujung-ujung jari dan penis," jelasnya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih pendek

Terkait ukuran membesar dan mengecil ini, dilansir dari Men's Health, penis dapat mengecil hingga 50 persen pada panjangnya serta 20-30 persen pada lebarnya jika terpapar udara di bawah 15 derajat celcius.

"Ketika kamu kedinginan, pembuluh darah mengerut yang kemudian membatasi aliran darah ke daerah penis," jelas Darius Paduch, Direktir Pengobatan dan Kesehatan Seksual di Weill Cornell Medicine.

"Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan ukuran," sambungnya.

Tubuh manusia sesungguhnya diprogram untuk menyimpan panas dan energi. Ketika kedinginan, maka tubuh akan berupaya untuk mempertahankan asupan darah ke tubuh, tempat sejumlah organ vital.

Akibatnya, tubuh menurunkan aliran darah pada berbagai bagian tubuh seperti jari dan penis. Selanjutnya, bagian vital itu memosisikan diri lebih dekat dengan organ lain agar tetap hangat,

Walaupun tampak aneh, sesungguhnya mengecilnya penis seorang pria karena udara dingin ini merupakan mekanisme untuk melindungi diri. Jika tidak ingin hal ini sering-sering terjadi, jangan lupa untuk terus membuat dirimu hangat. 

 

Penulis:  Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.