Sukses

WHO: Wabah Ebola di Kongo Terburuk Kedua Sepanjang Sejarah

WHO menyatakan wabah Ebola yang terjadi di Republik Demokratik Kongo adalah yang terburuk kedua sepanjang sejarah dunia.

Liputan6.com, Jakarta Wabah Ebola yang terjadi di Republik Demokratik Kongo dianggap sebagai yang terburuk kedua selama sejarah. Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan, hingga akhir November 2018, 245 orang meninggal karena wabah yang terjadi sejak Agustus tahun ini. 

Mengutip laman Aljazeera pada Selasa (4/12/2018), Emergency Chief WHO Peter Salama mengatakan kondisi ini menyedihkan. Pernyataan itu dia sampaikan setelah Kementerian Kesehatan Kongo menyatakan jumlah kasus Ebola di negara itu mencapai 426 kasus.

Salah satu upaya pencegahan wabah terhambat oleh krisis yang terjadi di negara itu. Tepatnya di sebelah timur kota Beni di North Kivu, wilayah yang telah rusak akibat konflik bersenjata.

Konflik yang terjadi akibat kelompok pemberontak dan serangan terbuka oleh warga setempat menimbulkan tantangan serius bagi para pekerja kesehatan yang menangani Ebola.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konflik menghambat petugas kesehatan

Peter Jay Hotez dari Baylor College of Medicine mengatakan, kekerasan telah menyebabkan rusaknya fasilitas kesehatan. Sehingga, upaya para petugas medis menjadi terganggu.

"Hal baiknya adalah kita punya vaksin sekarang. Masalahnya, bekerja di daerah tidak stabil semacam itu, Anda harus memastikan keselamatan para vaksinator dan Anda harus bisa melacak kontak potensial dan membuat mereka divaksinasi," kata Hotez.

Salama memprediksi, wabah di bagian timur laut negara itu paling tidak akan berlangsung enam bulan lagi.

Mengutip Fortune, program pengobatan Ebola-malaria saat ini mencontoh pada wabah serupa yang terjadi di Sierra Leone tahun 2014. Saat itu, penyakit tersebut melanda beberapa negara Afrika Barat dan menyebabkan lebih dari 11 ribu kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.