Sukses

8 Cara Alami Atasi Jerawat Bandel ala Seleb (2)

Rihanna mengurangi konsumsi alkohol ketika jerawat mulai timbul, sementara Emma Stone menggunakan tea tree oil.

Liputan6.com, Jakarta Bergelimang harta bukan berarti para selebritas dunia tak menjajal cara alami untuk mengatasi jerawat bandel. Mulai dari Rihanna sampai Cameron Diaz memiliki pengalaman mengusir jerawat dengan bahan yang mudah didapatkan.

Berikut ini kami tampilkan deretan seleb dunia yang berhasil mengatasi jerawat parah bagian dua seperti dilansir dari berbagai sumber.

5. Rihanna - setop konsumsi alkohol

Dalam wawancara dengan Cosmo UK, Rihanna menggambarkan strategi sederhana untuk mengatasi jerawat yang dia terapkan selama bertahun-tahun.

"Ketika saya merasa kulit saya berjerawat, saya menghentikan konsumsi semua alkohol dan minum air sangat banyak," katanya.

Ada beberapa bukti, termasuk penelitian terhadap 17.345 oran menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dapat memperburuk jerawat. Selain itu minum air dalam jumlah besar juga diketahui membantu memperbaiki kesehatan kulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6. Cameron Diaz - setop makan junkfood

6. Cameron Diaz - setop makan junkfood

Jerawat parah menjadi masalah kulitnya yang paling utama saat masih remaja. Menurut Cam, jerawat hormonal yang dideritanya saat itu dipicu oleh kebiasaan makan tak sehat yang dia terapkan. Cam hobi makan junkfood, terutama yang berminyak dan mengandung banyak sekali keju.

Menurut Mayo Clinic, makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan pizza tidak secara langsung berakibat buruk pada kulit. Namun makanan-makanan seperti ini biasanya terbuat dari tepung yang mengandung indeks glikemik tinggi. Inilah yang menjadi pemicu jerawat.

Selain itu, kurangnya vitamin A dan vitamin C di dalam makanan cepat saji mengakibatkan tubuh kekurangan amunisi untuk menangkal bakteri, virus, dan radikal bebas. Sementara sebagian besar jerawat disebabkan oleh bakteri.

Cam mengganti makanan dengan bahan makanan segar yang mengalami proses pengolahan minimum. Dengan cara ini dia bisa mendapatkannutrisi seimbang dan maksimum untuk menjaga daya tahan kulitdari dalam. Kulitnya pun tak lagi berjerawat.

"Saya hanya perlu mendengarkan tubuh saya. Jerawat merupakan sistem alarm tubuh saya, itu adalah cara tubuh untuk memperingatkan saya (untuk berhenti menyantap makanan cepat saji)."

3 dari 4 halaman

7. Scarlett Johansson - cuka apel

Pemeran tokoh Black Widow dalam The Avengers ini menggunakan cuka apel sebagai toner saat wajahnya sedang berjerawat. Scarlett mengusapkan larutan cuka apel di wajah pada malam hari.

"Ini adalah cara yang untuk merawat kulit jika Anda tidak ingin menggunakan bahan kima berat yang direkomendasikan oleh ahli dermatologi," ungkapnya kepada Elle UK. "Jika kulit bermasalah atau sedang berjerawat banyak, ini bisa menyembuhkannya."

Cuka apel memang ampuh untuk melawan jerawat dan menyeimbangkan pH alami kulit. Namun mengoleskan cuka pada wajah bisa menimbulkan iritasi. Jadi larutkan dulu cuka dengan air, kemudian usapkan pada seluruh bagian wajah dengan cuka.

Cuka apel juga bisa membantu menyamarkan bekas jerawat jika dipakai secara rutin. Celupkan cotton bud ke dalam cuka apel, kemudian usapkan pada bagian kulit wajah yang memiliki bekas jerawat.

4 dari 4 halaman

9. Emma Stone - tea tree oil

 Emma Stone mengaku menggunakan tea tree oil serta mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan treatment suntik kortison agar jerawatnya segera mereda dalam waktu singkat.

Selain itu Emma juga menggunakan minyak biji anggur (grapeseed oil) untuk melembapkan kulitnya yang sangat kering namun ekstra-sensitif. Ini adalah pelembap alami yang banyak disarankan oleh ahli kecantikan untuk orang-orang berkulit sensitif.

Sumber: Inside, Essence, Business Insider, Refinery29

 

Penulis: Tantri Setyorini/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini