Sukses

Gaun Ini Ungkap Seberapa Sering Pria Lakukan Pelecehan Seksual di Klub Malam

Sebuah penelitian di Brasil mencari tahu tentang pelecehan seksual yang dilakukan para pria di klub malam dengan gaun sensitif sentuhan

Liputan6.com, Jakarta Sebuah cara unik digunakan oleh agensi iklan di Brasil untuk mengetahui seberapa besar pelecehan seksual terhadap wanita di klub malam. Mereka menggunakan gaun khusus.

Sebuah survei oleh yayasan nirlaba Think Olga, mengungkapkan, sekitar 86 persen wanita di Brasil mengalami pelecehan di bar atau klub. Karena itu, agensi iklan Ogilvy mengirim tiga wanita yang mengenakan gaun dengan sensor sensitif sentuhan.

Melansir Newsweek pada Senin (3/12/2018), mereka dikirim ke sebuah klub malam di Sao Paulo, Brasil, untuk mengetahui seberapa sering mereka diraba selama empat jam. Bagian dari kampanye yang dilakukan oleh Schweppes tersebut mengungkapkan, para pria terkadang tidak sadar bahwa yang mereka lakukan adalah bentuk pelecehan seksual dan tidak masalah dengan itu.

 

 

Namun, data yang dikumpulkan lewat gaun tersebut menemukan hal-hal yang mengejutkan. Para peneliti menemukan, ketiga perempuan itu mendapatkan rabaan sebanyak 157 kali selama tiga jam 47 menit. Sehingga, bisa dikatakan bahwa mereka mendapat lebih dari 40 kali sentuhan per jamnya.

Lewat data yang dikirimkan gaun tersebut ke komputer, ketika perempuan tersebut mendapatkan sentuhan di sekitar pinggang, bahu, lengan, bokong, dan paha mereka.

"Seorang wanita bukan hewan untuk dipojokkan dan ditangkap," ujar salah seorang yang menjadi peserta pengguna gaun tersebut.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelecehan seksual di kota-kota besar

Beberapa pria yang melihat proses berjalannya penelitian secara langsung tersebut juga mengungkapkan hal yang sama. "Lihat dia akan menciumnya," ujar salah seorang dari mereka dengan terkejut.

"Ini sungguh konyol," kata pria lainnya.

Mengutip abc.net.au, survei 2016 menunjukkan bahwa pelecehan seksual sering terjadi di kota-kota besar di dunia. Thailand mencapai 86 persen, India 79 persen, dan Inggris 75 persen.

Sementara itu, mengutip laman komnasperempuan.go.id, dari 2001 hingga 2012, di Indonesia paling tidak terjadi kekerasan seksual pada perempuan hingga 35 kali setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.