Sukses

Ada Jerawat di Testis, Apakah Berbahaya?

Apakah berbahaya apabila jerawat muncul di skrotum?

Liputan6.com, Jakarta Jerawat di wajah mungkin sudah biasa. Namun, jika hal tersebut muncul di sekitar alat kelamin seperti bagian skrotum (kantung buah pelir), apakah itu normal?

Menurut urolog Dr. Jamin V Brahmbhatt, Anda harus memastikan apakah benjolan merah tersebut benar-benar jerawat. Jika benar jerawat biasanya akan muncul hanya di skrotum.

"Pria perlu yakin seratus persen bahwa itu terletak di skrotum, bukan di testis," kata Brahmbhatt seperti dilansir Men's Health pada Senin (3/12/2018), 

Menurutnya, apabila memang itu adalah jerawat, hal tersebut tidaklah berbahaya.

Namun, apabila letaknya bukan di kulit skrotum melainkan di testis (buah zakar), Anda harus memeriksakan kondisi tersebut. Bisa saja kehadiran jerawat sebagai pertanda masalah lain.

Jika biasanya Anda menghilangkan jerawat dengan memecahkannya, sebaiknya berhati-hati jika ini tumbuh di skrotum. Brahmbhatt mengatakan, melakukan itu hanya menimbulkan masalah yang lebih besar nantinya. Jerawat ini biasanya akan hilang sendiri dalam seminggu.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yang harus diwaspadai

Ada kondisi yang mengharuskan Anda untuk memeriksakan jerawat yang tumbuh di skrotum. Misalnya jika hal itu terus menerus timbul atau ada bintik-bintik yang muncul secara berkelompok.

Brahmbatt mengatakan, itu bisa menjadi tanda virus atau infeksi menular seksual. Selain itu, waspadalah juga apabila Anda memiliki diabetes.

"Sistem kekebalan tubuh Anda tidak sekuat non-diabetes, karena itu infeksi bisa berkembang cepat," ujarnya.

Selain itu, Anda juga harus lebih waspada apabila jerawat tersebut semakin besar dan memerah, serta terjadi demam dan rasa nyeri.

Untuk mencegahnya sendiri, Brahmbhatt mengatakan Anda hanya butuh menjaga kebersihan area alat kelamin. "Kenakan pakaian dalam yang bersih, mandi teratur, dan jaga area itu tetap kering."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.