Sukses

Pesawat Ditembak Pasukan Jepang Saat PD II, George HW Bush Lolos dari Maut

George HW Bush diselamatkan kapal penyelamat setelah pesawatnya ditembak jatuh pasukan Jepang pada Perang Dunia II.

Liputan6.com, Amerika Serikat Sebelum menduduki kursi kepresidenan, George HW Bush muda bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) sebagai pilot. Ia terbang dalam misi pengeboman terhadap pasukan Jepang selama Perang Dunia II.

George HW Bush belajar tentang serangan Jepang di Pearl Harbor saat remaja. Tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-18 (tahun 1942), ia terdaftar di US Naval Reserve.

Sebuah prestasi gemilang, Bush remaja menjadi salah satu penerbang termuda di Angkatan Laut AS. Ia juga ditugaskan sebagai seorang petugas fotografi yang menggunakan skuadron torpedo.

Pada waktu itu, serangan berlangsung di Chichi Jima, pulau yang dijaga ketat dan digunakan pasukan Jepang untuk komunikasi dan pasokan persenjataan, Pesawat Bush berjenis Avenger TBM dihantam tembakan dari pasukan Jepang.

Sebagaimana dilansir dari Business Insider, Minggu (2/12/2018), dua awak Bush tewas dalam serangan tersebut. Situasi menegangkan terjadi, mesin pesawat terbakar hebat. Bush muda berupaya menyelamatkan diri.

Ia keluar dari pesawat dengan perlengkapan penyelamatan darurat. Terjun ke laut dan menunggu rakit karet selama empat jam. Bush akhirnya diselamatkan oleh USS Finback, kapal selam penyelamat (lifeguard).

Setelah Jepang menyerah pada tahun 1945, Bush diberhentikan dengan hormat dari tugas aktif. George HW Bush melanjutkan pendidikan ke Universitas Yale.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hormati George HW Bush

Duka mendalam warga AS dan dunia saat George Bush Senior wafat pada usia 94 tahun, Jumat, 30 November 2018 malam. Ia meninggalkan lima anak, 17 cucu, delapan cucu, dan dua saudara kandung. Bendera AS di Gedung Putih diturunkan setengah tiang sebagai tanda dukacita.

Untuk menghormati sosok George Bush Senior, Kapal induk USS George H.W. Bush (CVN 77) diberi nama sesuai nama Bush pada tahun 2006.

“Warisannya hidup di dalam mereka yang mengenakan seragam bangsa kami yang besar dan di dalam kapal perang perkasa yang menyandang namanya, [CVN 77 George H.W. Bush], ” tulis US Naval Air Forces dalam kicauan di Twitter. "Semoga ia beristirahat dengan damai."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.