10 Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki dalam Islam

Oleh Devira Prastiwi pada 30 Nov 2018, 23:59 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 16:27 WIB
bayi

 

Liputan6.com, Jakarta - Nama merupakan suatu identitas diri yang melekat sepanjang hidup. Nama juga menjadi sebuah doa atau harapan. Itu sebabnya para orangtua akan memilih nama bayi yang baru lahir dengan cermat.

Proses pemberian nama ini akan lebih mudah jika orangtua sudah mengetahui jenis kelaminnya. Selain itu, nama juga menjadi sebuah doa yang akan menyertai seumur hidup.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 nama bayi laki-laki Islam beserta artinya:

1. Jafar

Secara etimologi dalam bahasa Arab, nama Jafar memiliki arti anak sungai. Kemudian nama Jafar juga diambil dari nama tokoh astronom dan ahli matematika muslim dari Persia yakni Abu Jafar Muhammad.

Sehingga pemberian nama ini menjadi doa agar buah hati Anda tumbuh menjadi seseorang yang selalu dialiri ilmu pengetahuan dan beragam nilai positif lainnya.

 

2 of 3

Selanjutnya

nama bayi
ilustrasi ibu dan anak/copyright rawpixel

2. Haidar

Dalam bahasa Mesir Kuno, nama Haidar memiliki makna singa prajurit yang kuat dan gagah berani. Tentu saja kata ini cocok untuk menamai bayi laki-laki.

3. Abizar

Abizar berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti menyebarkan. Hal ini tentu sama dengan kisah Abizar Al Ghifari yang menjadi penyebar sekaligus pejuang agama Islam yang berani dan setia.

4. Khalid

Kata Khalid bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk memberi nama buah hati berjenis kelamin laki-laki. Sebab dalam bahasa Arab, Khalid memiliki arti keabadian, kuat, dan berani dalam menegakkan keadilan.

5. Harun

Nabi Harun AS adalah saudara kandung Nabi Musa AS yang memiliki kemampuan untuk memimpin dan berbicara dengan baik serta setia. Dengan nama ini, diharapkan buah hati Anda kelak akan memiliki sifat demikian.

 

3 of 3

Selanjutnya

Ilustrasi nama bayi (iStock)
Ilustrasi nama bayi (iStock)

6. Badar

Nama Badar bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk memberi nama buah hati berjenis kelamin laki-laki. Sebab dalam bahasa Arab, Badar berarti bulan purnama. Diharapkan nantinya bisa menjadi penerang di kala gelap layaknya bulan.

7. Bariq

Bariq bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk memberi nama buah hati berjenis kelamin laki-laki. Dalam bahasa Arab, Bariq berarti pancaran cahaya.

8. Gibran

Gibran dalam bahasa Arab berarti yang terpandai. Sehingga diharapkan buah hati Anda menjadi anak yang pandai.

9. Ghalib

Ghalib berarti unggul atau menang. Bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk memberi nama buah hati berjenis kelamin laki-laki.

10 Rafa

Rafa dalam bahasa Arab berarti bahagia, kaya raya. Diharapkan buah hati Anda menjadi kaya dan bahagia. Bukan sekadar kaya harta, tapi juga kaya hati.

 

Reporter: Nihlah Fauziyatul Wafa

Lanjutkan Membaca ↓