Sukses

Ajarkan Anak Kebiasaan Berkumur, Gigi Berlubang pun Bisa Dihindari

Cara mencegah terjadinya gigi berlubang pada anak dengan mengajarkannya berkumur yang benar.

 

Liputan6.com, Jakarta Tidak berbeda jauh dari orang dewasa, anak-anak pun dihantui permasalahan gigi berlubang dan masalah kesehatan mulut lainnya.

Gara-gara gigi berlubang yang terasa sangat menyiksa, si Kecil jadi mudah rewel dan tak jarang enggan pergi ke sekolah. Walaupun ada yang memilih untuk sekolah, biasanya jadi tidak bisa berkonsentrasi saat belajar.

Makanan manis jadi pemicu utama lubang pada gigi anak. Demi mencegahnya, sebenarnya sangat mudah. Bukan melarangnya makan makanan manis, tapi biasakan si kecil segera berkumur dengan air.

"Makanan yang manis dan lengket merupakan salah satu faktor yang dapat membuat gigi berlubang. Biasanya setelah memakan makanan manis dan lengket lalu tidak dibersihkan maka gigi bisa menjadi berlubang," kata drg. Fanny Anduari, Kamis 29 November 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkumur

Setelah memakan makanan manis jika didiamkan dan tidak dibersihkan kuman akan muncul dalam 72 jam dan akan menempel. Segera berkumur akan mencegah kuman perusak gigi berkembang biak dan menyingkirkan makanan yang lengket di gigi.

"Kuman yang menempel diatas permukaan gigi akan mengahasilkan plak. Plak sendiri mengandum asam yang bisa melarutkam email yang ada pada gigi dan akhirnya akan membuat gigi berlubang," ungkap Fanny.

Tak hanya berkumur, pastikan juga buah hati menyikat gigi sebelum tidur dan pada pagi hari. Satu lagi yang juga penting dilakukan adalah menyikat lidah.

"Harus menyikat lidah, jika lidah tidak disikat maka kuman akan menumpuk pada lidah," ujar Fanny.

Laporan Ava Haprin/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.