Ini Bahayanya Tidak Langsung Cuci Botol Minum Sehabis Dipakai

Oleh Liputan6.com pada 30 Nov 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 01 Des 2018, 00:14 WIB
Polo Air Putra Indonesia, Road to Asian Games 2018

 

Liputan6.com, Jakarta Di dalam botol minum yang kita bawa, terdapat mikroba yang tak terlihat oleh mata. Itu mengapa, Dokter Spesialis Mikrobiologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo, Yulia Rosa, menganjurkan kita sering-sering mencuci botol begitu selesai dipakai. 

Dia mengatakan bahwa mikroba tersebut dapat berkembang biak hanya dalam hitungan menit, tapi ada juga yang dalam hitungan jam.

Tentu saja mikroba yang berada dalam botol minum kita dapat berpindah pada tubuh kita. Pencucian botol yang benar akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Jika tidak bersih, bisa saja menimbulkan masalah seperti diare, muntah hingga hepatitis A.

Untuk membersihkan botol, jangan hanya membilasnya dengan air hangat. Gunakan sabun antibakteri dan juga sikat, bersihkan tiap sudutnya. Setelah itu, keringkan.

"Botol yang sudah dicuci sangat perlu dikeringkan dengan membalik botol agar semua air tidak tersisa dan benar-benar kering karena bakteri sangat menyukai tempat yang lembap dan juga basah" kata Yulia.

Penulis : Mutia/Dream.co.id

2 dari 2 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait