Sukses

Ini Bahayanya Tidak Langsung Cuci Botol Minum Sehabis Dipakai

Botol minum yang sehabis dipakai harus cepat-cepat dicuci, karena terdapat bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

 

Liputan6.com, Jakarta Di dalam botol minum yang kita bawa, terdapat mikroba yang tak terlihat oleh mata. Itu mengapa, Dokter Spesialis Mikrobiologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo, Yulia Rosa, menganjurkan kita sering-sering mencuci botol begitu selesai dipakai. 

Dia mengatakan bahwa mikroba tersebut dapat berkembang biak hanya dalam hitungan menit, tapi ada juga yang dalam hitungan jam.

Tentu saja mikroba yang berada dalam botol minum kita dapat berpindah pada tubuh kita. Pencucian botol yang benar akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Jika tidak bersih, bisa saja menimbulkan masalah seperti diare, muntah hingga hepatitis A.

Untuk membersihkan botol, jangan hanya membilasnya dengan air hangat. Gunakan sabun antibakteri dan juga sikat, bersihkan tiap sudutnya. Setelah itu, keringkan.

"Botol yang sudah dicuci sangat perlu dikeringkan dengan membalik botol agar semua air tidak tersisa dan benar-benar kering karena bakteri sangat menyukai tempat yang lembap dan juga basah" kata Yulia.

Penulis : Mutia/Dream.co.id

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.