Sukses

Langsung Cuci Botol Minum Setelah Anda Pakai, Telat Sedikit Bikin Sakit

Inilah gunanya langsung mencuci botol minum setelah digunakan

 

Liputan6.com, Jakarta Membawa botol minum sendiri memang lebih hemat, bersih, dan sehat. Namun, di balik semua keuntungan yang bakal Anda dapatkan itu, harus dipastikan juga bahwa botol tersebut telah dicuci setiap hari.

Meskipun hanya diisi air putih, tetap saja bakteri dan kuman bisa masuk dan berkembang biak di dalamnya. Terutama kuman mikroba yang tak kasat mata.

"Mikroba yang ada di botol, jika kita tidak mencucinya dengan benar maka akan menimbulkan penyakit pada tubuh kita," kata dr. Yulia Rosa SpMK, spesialis mikrobiologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo, di Jakarta, Rabu 28 November 2018.

Mikroba biasanya dapat berkembang biak dalam hitungan menit dan ada juga yang dalam hitungan jam. Bisa ditemukan di mana saja termasuk di spons pencuci dan juga botol minum.

"Contoh mikroba yang kasak mata seperti cacing, protozoa, dan lainnya. Sedangkan yang tidak kasak mata dan harus dilihat dengan miskroskop elektro virus, jamur, dan bakteri," ungkap Yulia.

Karena itu Yulia menyarankan, jangan menunda membersihkan botol minum Anda setelah digunakan.

Penulis : Mutia/ Dream.co.id

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.