Sukses

Susu, Sumber Gizi yang Punya Peranan Penting untuk Pertumbuhan

Minumlah susu biar sehat.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat perlu memerhatikan gaya hidup dan kandungan nutrisi seimbang di setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP), Dr drg Amaliya mengimbau supaya tidak melupakan susu, guna memenuhi gizi sehari-hari. Hal ini disebabkan susu dan produk olahannya menjadi salah satu sumber gizi yang memiliki peranan penting.

Pada acara 2018 Community Gathering di Pasar Modern Bintaro, Tangerang Selatan, Sabtu, 24 November 2018, Amaliya menjelaskan bahwa susu dan memiliki berbagai kandungan nutrisi, seperti protein, lemak, dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan seseorang dalam setiap tahap kehidupan, dari anak-anak hingga dewasa.

Termasuk olahan dari susu itu sendiri, yaitu susu kental manis. Menurut Amaliya, masyarakat tak perlu ragu karena berbagai aturan yang ada, sudah menegaskan bahwa produk pangan olahan, salah satunya SKM, aman dikonsumsi. "Asal dengan tetap memerhatikan label di setiap produknya," katanya. 

Sebagai konsumen, dia mengimbau, agar lebih cerdas serta tanggap terhadap literasi nutrisi yang terkandung pada setiap makanan yang dikonsumsi, salah satunya dengan membaca label dan mencari informasi yang benar dari ahlinya.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan yang baru dirilis akhir Oktober lalu. Aturan tersebut memperkuat Perka BPOM Nomor 21 tahun 2016 tentang Kategori Pangan yang menjelaskan kandungan berbagai produk pangan, termasuk susu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belanja Bareng Melany Ricardo

Pada kegiatan Community Gathering di Pasar Modern Bintaro tersebut, Amaliya didampingi artis Melaney Ricardo berbelanja bersama, membeli berbagai bahan makanan yang kemudian akan dimasak oleh Chef Glenn Waas, yang juga merupakan konsultan makanan dan pembawa acara sejumlah acara masak di televisi.

“Saya sangat bersyukur mendapatkan pengetahuan dari YPKP mengenai pentingnya gizi seimbang termasuk informasi lengkap tentang manfaat susu kental manis. Ini akan menjadi masukan yang sangat berharga bagi saya dalam memberikan asupan makanan yang seimbang bagi keluarga,” kata Melaney sebagaimana dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 24 November 2018

Dalam acara tersebut, Chef Glenn memeragakan cara memasak dua menu dengan bahan dasar susu kental manis dan produk olahan susu antara lain Dadar Gulung Fla Isi Keju serta Jus Strawberry.

“Pada intinya, kami ingin menekankan bahwa produk pangan olahan apapun aman dikonsumsi selama dengan anjuran dan takaran saji yang tepat,” tutup Amaliya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.