Sukses

9 Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami, Tanpa Operasi

Miopi juga terjadi akibat kornea (lapisan terluar mata) yang terlalu melengkuk karena panjang bola mata atau lensanya terlalu tebal

Liputan6.com, Jakarta Mata minus atau miopia adalah kondisi saat mata tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Mata minus atau miopi terjadi ketika bayangan jatuh di depan retina. Miopi juga terjadi akibat kornea (lapisan terluar mata) yang terlalu melengkuk karena panjang bola mata atau lensanya terlalu tebal.

Maka itu, orang dengan miopia memiliki penglihatan jarak jauh yang buruk. Objek yang jauh akan terlihat buram sebab fokus mata tidak jatuh tepat pada retina. Ini bedanya mata orang normal dan yang mengalami mata minus. Ada banyak penyebab mata minus, mulai dari keturunan, kebiasaan membaca, jarang beraktivitas di luar ruangan, dan masih banyak lagi.

Mata minus memang sangat menganggu. Tak heran bergam cara mengurangi mata minus dilakukan agar bisa melihat dengan normal lagi. Salah satunya dengan menggunakan cara mengurangi mata minus secara alami. Selain mudah dan murah, cara ini dipercaya lebih aman. Penasaran seperti apa cara mengurangi mata minus secara alami? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/11/2018) cara mengurangi mata minus secara alami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara mengurangi mata minus

1. Mengonsumsi jus lidah buaya

Cara mengurangi mata minus secara alami yang pertama adalah dengan lidah buaya. kamu bisa mengonsumsi jus lidah buaya selama 1 minggu penuh. Rutin mengonsumsi jus lidah buaya dipercaya dapat mengurangi minus. Hal ini disebabkan oleh kandungan gizi yang dimiliki oleh jus lidah buaya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan herbal lainnya seperti kenari, lemon dan madu.

2. Mengonsumsi jus buah bit

Buah bit disebut-sebut sebagai cara mengurangi mata minus secara alami. Cara mengurangi mata minus secara alami dengan buah it adalah minumlah secara rutin selama satu minggu. Jika perlu, campurkan dengan jus belimbing atau wortel untuk khasiat yang lebih manjur.

3. Rutin mengonsumsi wortel

Cara mengurangi mata minus secara alami selanjutnya adalah dengan wortel. Sebagaimana diketahui wortel mengandung beta-karoten yang diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi vitamin A. Vitamin A sendiri sangat baik untuk kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi wortel kamu akan dapat menjaga dan memelihara mata. Jika dikonsumsi secara rutin akan mengurangi minus pada mata. Fakta medis mengatakan bahwa minum dua gelas jus wortel dalam satu hari selama satu bulan dapat meningkatkan penglihatan penderita mata minus secara signifikan.

4. Memfokuskan penglihatan menggunakan telunjuk

Memfokuskan penglihatan menggunakan telunjuk merupakan salah satu cara mengurangi mata minus secara alami. Kamu bisa melakukan latihan ini dalam posisi duduk yang nyaman, dan tempatkan telunjuk kamu 10 cm dari hidung. Fokuskan pkamungan kamu ke arah telunjuk kemudian alihkan fokus kamu ke objek jauh yang berada di belakang telunjuk, kemudian kembalikan fokus kamu ke telunjuk. Lakukan ini dengan melirik namun tanpa menggeserkan kepala. Ulangi proses ini hingga 10 kali setiap hari.

5. Senam mata

Cara mengurangi mata minus secara alami selanjutnya adalah dengan senam mata. Senam mata bisa dilakukan dengan menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

6. Menjemur mata pagi hari

Menjemur mata pagi hari merupakan salah satu cara mengurangi mata minus secara alami. Caranya dengan menutup kedua mata dan arahkan pkamungan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga dapat tercukupi.

7. Lepas kacamata ketika tidak diperlukan

Saat menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata, dan hal ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memkamung ke arah lainnya. Nah, cara mengurangi mata minus secara alami lainnya adalah dengan melepas kacamata ketika tidak diperlukan. Selain itu, dengan melepas kacamata, juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

8. Menggunakan lilin

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin ini merupakan salah satu solusi yang paling banyak dipakai oleh kebanyakan orang. Sebagian besar berpendapat ini merupakan cara yang ampuh untuk menyembuhkan mata minus dengan cepat.

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya maksimal. Nah, berikut adalah langkah yang harus dilakukan untuk cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin.

3 dari 5 halaman

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin

1. Nyalakan lilin

2. Tatap lilin selama beberapa menit dan usahakan utnuk tidak selalu berkedip

3. Lakukan kegiatan itu terus menerus sampai air mata keluar. Jika air mata sudah keluar, hentikan.

4. Ulangi keesokan harinya.Namun yang perlu diingat adalah jangan berlebihan melakukan terapi lilin ini. Karena tentunya tidak baik juga untuk kesehatan mata kamu.

4 dari 5 halaman

Menggunakan Teknik Eye Palming

Teknik yang simple ini bisa membantu mata untuk beristirahat dan rileks. Eye Palming ini baik digunakan setelah melakukan senam mata agar mata kembali normal dan segar kembali. Cara mengurangi mata minus secara alami dengan melakukan teknik eye palming yakni:

Gosok-gosokan kedua tangan sampai terasa agak panas.

Tutup kedua mata dan tutupi dengan tangan (jangan sampai menekan bola mata).

Usahakan tidak ada cahaya dari luar yang masuk. Lakukan beberapa kali sampai mata terasa rileks. Kamu bisa melakukan teknik eye palming ini kapan saja mata mulai terasa penat.

Nah, itu tadi cara mengurangi mata minus. Daripada mengobati, tentu lebih baik jika melakukan pencegahan dengan menjaga kesehatan mata. Jika mata kamu masih tergolong normal, mencegah mata minus atau melakukan cara mengurangi mata minus bertambah parah dapat dilakukan dengan cara alami

5 dari 5 halaman

Mencegah mata minus

Memeriksakan mata secara teratur serta kondisi kronis yang berhubungan dengan penglihatan, seperti diabetes dan hipertensi.

Istirahatkan mata secara teratur di sela pekerjaan kamu, terutama jika kamu berada di depan komputer sepanjang hari.

Pakai kacamata antisinar UV matahari untuk melindungi mata saat beraktivitas lama di luar ruangan.

Konsumsi makanan sehat dan segar, serta kaya buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan mata, terutama sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam ataupun buah-buahan berwarna cerah.

Gunakan pencahayaan yang baik untuk beraktivitas seperti membaca.Hindari merokok.

Gunakan kacamata yang tepat untuk membantu penglihatan bila kamu sudah memerlukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.