Sukses

12 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Tak Cuma Menyedapkan Makanan

Bawang merah mengandung antibakteri dan antiseptik yang bagus untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bawang merah bagi banyak orang adalah untuk menyedapkan makanan. Bawang merah merupakan salah satu bumbu wajib saat memasak. Rempah-rempah yang satu ini menjadi salah satu bahan makanan pokok di seluruh Indonesia.

Usut punya usut, selain bisa menjadi bumbu untuk masakan, manfaat bawang merah juga berguna untuk kesehatan. Bawang merah terbukti membawa banyak kebaikan bagi tubuh, mulai dari menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker. Pasalnya, bahan makanan berjenis umbi akar tersebut mengandung antibakteri dan antiseptik yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. 

Sebelum mengetahui apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan, yuk cari tahu dulu kandungan zat gizi apa saja yang ada di dalam bawang merah. Berikut adalah kandungan zat gizinya: 

Kalori: Bawang merah memiliki kandungan kalori yang rendah, 28 gram bawang hanya mengandung 11 kaloriZat gizi makro: Dalam bawang merah sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan air, sedangkan tidak mengandung lemak sama sekali. Vitamin dan mineral: kandungan vitamin yang tinggi dalam bawang merah adalah vitamin C dan vitamin B6, sementara jenis mineral yang paling banyak terkandung adalah kromium.Indeks glikemik: bawang merah termasuk makanan yang mempunyai tingkat indeks glikemiks yang rendah yaitu hanya mencapai 10.Kalium: Dalam 100 gram bawang merah, terkandung sekitar 330 mg kalium (potasium).

Nah, setelah mengetahui kandungan gizinya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, ragam manfaat bawang merah untuk kesehatan.  Berikut manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Meningkatkan sistem imun dan mencegah kanker

1. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerang kuman, virus maupun bakteri yang masuk dari luar tubuh. Nah, manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah membantu meningkatkan sistem imun. Kandungan selenium di bawang merah dipercaya dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, sehingga kita dapat terhindar dari penyakit.

2. Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang terkenal adalah menjadi salah satu obat mujarab guna menghancurkan kanker sel kolon dan payudara. Kandungan quercetin dan antosianin dalam bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh. 

Selain itu, dalam penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, peneliti melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss mengonsumsi bawang merah, bawang putih dan sayuran. Hasilnya orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang merah, risiko terkena kanker semakin rendah .

3 dari 7 halaman

Menyehatkan jantung dan menurunkan kolesterol

3. Menyehatkan Jantung

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang sangat penting yaitu bisa menyehatkan jantung. Kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang ada di dalam bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh. Selain itu, bawang merah juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat.

4. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantuy menurunkan kolesterol. Hal ini berdasarkan dari sebuah penelitian menunjukan wanita yang kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS). Mereka terbagi dalam dalam dua kelompok, ada yang diminta mengonsumsi banyak bawang merah, kelompok kedua diminta sedikit konsumsi bawang merah. Hasilnya orang yang mengonsumsi banyak merah, tingkat kolesterol jahat turun.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi sembelit.

5. Meningkatkan kepadatan tulang

Tulang merupakan salah satu hal terpenting di dalam tubuh yang bertugas untuk menopang tubuh kita. Untuk menjaganya, selain mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium seperti susu juga bisa dengan memakan bawang merah. Pasalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu meningkatkan kepadatan tulang. Bawang merah dipercaya dapat mencegah osteoporosis, serta dapat menjaga massa tulang.

6. Mengatasi Sembelit

Bawang merah adalah rempah yang tepat untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Kandungan yang terdapat di bawang merah dapat membantu proses pembuangan racun oleh tubuh, sehingga pencernaan akan lebih lancar. Dengan ini manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah mengatasi sembelit.

5 dari 7 halaman

Mengatasi radang tenggorokan dan memperlancar sistem pernafasan

7. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang seringkali terjadi karena infeksi atau peradangan pada tenggorokan. Untuk mengatasi radang tenggorokan kamu bisa memanfaatkan bawang merah. Soalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan lainnya adalah mengatasi radang tenggorokan. Ini berkat kandungan quercetin dalam bawang merah dipercaya dapat menurunkan radang.

8. Memperlancar sistem pernafasan

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah salah satu obat antiradang. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini. Bawang merah pun dipercaya dapat memperlancar sistem pernafasan.

6 dari 7 halaman

Meningkatkan kualitas tidur dan baik untuk kesehatan mata.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Buat kamu yang sulit tertidur pulas, mulailah untuk mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan kualitas tidut. Rempah-rempah yang satu ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress. Di samping itu, bakteri baik yang terdapat bawang merah dipercaya mampu merangsang kinerja otak.

10. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu kesehatan mata. Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah ternyata baik untuk kesehatan mata. Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik untuk mata.

7 dari 7 halaman

Menurunkan tekanan darah dan membantu menormalkan kadar gula darah.

11. Menurunkan tekanan darah

Dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan pada tahun 2009, disebutkan jugaa bahwa zat quercetin yang cukup tinggi ada di dalam bawang merah mampu menurunkan tekanan darah yag tinggi. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berisiko untuk mengalami berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan diabetes mellitus.

12. Membantu menormalkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi terbukti mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes mellitus. Bahkan, menurut Center for Disease Control Prevention, kadar gula darah yang tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis. Nah, manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah membantu menormalkan kadar gula darah.

 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di daerah Sudan, penderita diabetes mellitus tipe satu dan tipe dua yang mengonsumsi bawang merah mentah terbukti memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight, juga membuktikan hal yang sama bahwa bawang merah memang mampu untuk menurunkan kadar gula darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini