Sukses

Multiple Mieloma, Kanker Darah Mematikan yang Sering Dianggap Penyakit Tulang Biasa

Penyakit kanker darah Multiple Mieloma bisa jadi mematikan bila salah penanganan.

 

Liputan6.com, Jakarta Selain leukimia, jenis kanker darah lainnya yang mesti jadi perhatian adalah Multiple mieloma. Sebab, tidak sedikit orang yang 'terkecoh', yang menyangka penyakit darah satu ini penyakit tulang biasa.

Pada acara tahunan Rumah Sakit Gading Pluit 'Recent Update In Cancer Management' pada Sabtu, 17 November 2018, Dr dr Ikhwan Rinaldi menjelaskan soal kanker darah satu ini.

Menurut dia, Multiple mieloma merupakan kanker darah yang ditandai dengan peningkatan kadar sel plasma--sel yang berfungsi membuat antibodi dalam darah--di dalam sumsum tulang secara berlebihan yang bisa berdampak pada komplikasi lebih lanjut kondisi lain, seperi anemia, tulang keropos, dan gangguan fungsi ginjal.

Penyakit ini, kata Ikhwan, bisa jadi mematikan bila salah penanganan.

"Pada kanker ini ada produksi antibodi berlebihan, tetapi antibodi ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang justru menurunkan daya tahan tubuh," kata Ikhwan seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 20 November 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seringkali Tidak Terdeteksi

Dokter yang sehari-hari berpraktik di Rumah Sakit Medistra dan Rumah Sakit Gading Pluit ini, melanjutkan bahwa Multiple mieloma juga mengakibatkan kadar kalsium darah meningkat, karena adanya kerusakan tulang. Kalsium yang tinggi dalam darah bisa mengganggu irama jantung.

Sayangnya, kanker satu ini sering tidak terdeteksi. Jika terdeteksi pun, gambaran yang terlihat pertama kali malah mirip sama penyakit lainnya. Penderita keropos tulang, misalnya, sering kali tidak menduga adanya Multiple mieloma di dalamnya.

 

3 dari 4 halaman

Mendeteksinya

Akan tetapi bukan berarti tidak bisa mendeteksi atau membedakan Multiple mieloma ini. Menurut Ikhwan, jika diketahui kadar globulin lebih tinggi dari nilai albumin, perlu dipertimbangkan diagnosis penyakit ini.

Kemudian, pasien akan melanjutkannya dengan pemeriksaan adanya antibodi atau imunoglobulin yang dominan dalam darah. Apakah itu IgG, IgM, atau IgA. Dan yang tidak kalah penting, memeriksa aspirasi atua biopsi sumsum tulang guna menemukan kadar sel plasma yang berlebihan.

"Menemukan Multiple mieloma bukan hal yang terlalu sulit," katanya. "Tapi terkadang terlupakan," ujar Ikhwan melanjutkan.

Ikhwan, mengingkatkan, bila tidak terdiagnosis dengan cepat, Multiple mieloma bisa mengancam nyawa,"Karena kadar globulin yang tinggi dalam darah, aliran darah menjadi tidak lancar, terutama ke otak. Sehingga bisa bikin koma dan berujung kematian."

 

4 dari 4 halaman

Pasien Multiple Mieloma Bisa Menikmati Hidup, Asal...

Namun, pasien tak perlu takut karena pasien bisa menikmati hidup yang lebih lama bila mendapat penangan yang tepat.

Ikhwan hanya berpesan, jika mengalami gangguan ginjal atau keropos tulang, selalu ingat ada kemungkinan lain, yaitu penyakit kanker sel plasma atau Multiple mieloma.

"Pengobatan Multiple mieloma saat ini sudah mengalami kemajuan pesat. Kemajuan ini membuat pasien bisa bertahan hidup lebih lama," kata Ikhwan.

"Karena itu, menemukan diagnosis Multiple mieloma akan memberikan harapan hidup lebih panjang bagi pasien," kata pria yang juga berprofesi sebagai dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kanker darah adalah kanker yang menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening.

    Kanker Darah

  • Mieloma multipel merupakan jenis kanker yang timbul pada salah satu jenis sel darah putih yang disebut sebagai sel plasma

    Multiple Mieloma