Saat Tidur, Indra Tubuh Ini Ternyata Masih Terbangun

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 20 Nov 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 20 Nov 2018, 19:00 WIB
Ilustrasi Sahur, Bangun Sahur, Tidur, Anak (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ketika tidur, mungkin Anda mengira semua indra tubuh ikut beristirahat. Namun ternyata, sebuah penelitian mengungkapkan sebuah hal yang berbeda.

Melansir Reader's Digest pada Selasa (20/11/2018), sebuah penelitian di Vanderbilt University di Nashville, Tennessee, menyatakan bahwa telinga tidak beristirahat. Sekalipun tubuh kita sedang dalam keadaan tidur.

Para peneliti mempelajari anak-anak usia prasekolah saat mereka sedang tidur. Menurut rekan penulis Adrienne Roman, lingkunan di mana anak-anak tidur telah menjadi bahan pembicaraan dalam beberapa tahun terakhir.

Studi tersebut meminta anak-anak untuk tidur siang dan terhubungan dengan mesin EEG portabel yang memainkan tiga kata yang tidak berkaitan.

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Mengenali kata-kata

Ilustrasi Anak Tidur (iStockphoto)
Dalam penelitian itu, anak masih bisa mendengar apa yang dikatakan sekalipun sedang tidur (iStockphoto)

Saat mereka bangun, mereka kembali tersambung dengan mesin tersebut dan mendengar kembali beberapa kata-kata yang sudah dirangkai. Termasuk, beberapa kata yang tidak berkaitan sebelumnya saat mereka tidur siang.

Otak anak-anak menunjukkan tanda-tanda positif ketika mendengar beberapa kata kunci. Hal tersebut memperlihatkan bahwa mereka bisa mengenali suara dalam tes tersebut.

Roman mengatakan, tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana otak anak berkembang. Selain itu, apakah mereka bisa mendapatkan infomrasi saat tidur.

Karena itu, penelitian ini juga bisa dianggap sebagai pembelajaran bahwa saat orangtua berbicara ketika anaknya sedang tidur, mungkin mereka masih bisa mendengar apa yang Anda katakan.

Lanjutkan Membaca ↓