Sukses

Bantuan 1 Juta Dolar untuk Warga yang Terkena Dampak Gempa Palu dan Lombok

Donasi sebesar Rp14,5 miliar tersebut diberikan The Coca Cola Company melalui The Coca-Cola Foundation.

Liputan6.com, Jakarta Palang Merah Indonesia (PMI) menerima bantuan kemanusiaan sebesar 1 juta dolar (USD) atau sebesar Rp14,5 miliar untuk disalurkan ke seluruh warga yang terkena dampak bencana alam gempa dan tsunami di Palu, Sigi, Donggala, dan Lombok.

Program bantuan yang akan dititikberatkan dalam kegiatan tanggap darurat, termasuk penyediaan shelter bantuan, akses air bersih, dan penyehatan lingkungan (WASH/Water Access, Sanitation, and Hygiene) ini diberikan The Coca Cola Company melalui The Coca-Cola Foundation.

 

Kemudian, perusahaan tersebut menggandeng Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) serta PMI untuk penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat Tersebut.

"Bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban warga yang terkena bencana alam gempa dan tsunami, baik di Palu, Sigi, Donggala, dan juga Lombok," kata President Direktur PT Coca-Cola Indonesia, Diego Gonzales, saat melakukan serah terima bantuan kemanusiaan di kantor PMI Pusat Jakarta, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 19 November 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini yang Warga Butuhkan

Turut hadir dalam acara tersebut Pelaksana Harian Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Ginandjar Kartasasmita yang disaksikan Senior National Society Development Manager, Ahmad Husein; IFRC mewakili Head of Country Cluster Support Team (CCST), International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) Indonesia dan Timor Leste.

Pada kesempatan itu Ginandjar mengungkapkan bahwa sumber daya yang dimiliki PMI, baik di kabupaten dan kota terutama wilayah Palu, Sigi, Donggala, dan Lombok menjadi kekuatan PMI untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada warga yang tekrena dampak bencana.

Dia pun mengapresiasi bantuan tersebut, karena memang yang dibutuhkan oleh warga saat ini tidak lain adalah akses air bersih dan penyehatan lingkung.

"Para relawan PMI akan bekerja bersama, baik dengan pemerintah setempat maupun warga untuk menjalankan program bantuan dari The Coca-Cola Company," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini