Angka Hipertensi Tinggi, Menkes Nila Serukan Pola Hidup Sehat

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 19 Nov 2018, 11:00 WIB
Diperbarui 20 Nov 2018, 21:15 WIB
Menkes Nila Moeloek

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek berpesan agar semua masyarakat menjaga kesehatan. Pesan tersebut terkait dengan masalah hipertensi yang mencapai hampir 40 persen di Indonesia. Menkes Nila mengatakan, bila jumlah itu terus bertambah akan menyebabkan kerugian negara.

“Tolong kita semua sehat dan saya titip dari setiap diri kita tolong beritahu warga, tetangga, teman, kita harus hidup sehat, kita harus perkuat negara kita dengan produktif dan hidup sehat,” kata Nila pada Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Jakarta, Minggu (18/11).

Pola hidup sehat bisa mencegah gangguan kesehatan seperti hipertensi. Menkes mengatakan, pola hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri lalu disosialisasikan

Hipertensi dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga, makan buah dan sayur, serta cek kesehatan. Sesuai teman HKN "Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita", semua itu harus dimulai dari diri sendiri sebelum kemudian ditularkan ke orang lain.

Menkes menambahkan, salah satu penyebab rendahnya kualitas kesehatan seseorang karena kurang asupan sayur dan buah. Padahal Indonesia memiliki berbagai macam buah dan sayur yang bisa didapatkan dengan mudah.

Protein pun sebenarnya tidak hanya tergantung pada daging, melainkan ada ikan yang juga mudah didapatkan di Indonesia.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, diantaranya melalui Germas yang menekankan pada perbanyak makan buah dan sayur, aktivitas fisik, dan cek kesehatan secara rutin.

“Cek kesehatan rutin bisa dilakukan dengan cara sederhana dan bisa dilakukan sendiri, seperti cek hipertensi,” kata Menkes, mengutip laman sehatnegeriku.