Sukses

Ajak 3.284 Orang Makan Bersama, Kemenkes RI Pecahkan Rekor MURI

Menteri Kesehatan Nila Moeloek berharap acara makan bersama yang diikuti ribuan orang itu bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang porsi makan ideal.

Liputan6.com, Jakarta Kementarian Kesehatan (Kemenkes) meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada perayaan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 pagi tadi, Minggu (18/11/2018). Penghargaan itu didapat karena Kemenkes RI berhasil mengajak 3.284 warga Jakarta dan sekitarnya beramai-ramai menyantap makanan sesuai porsi Isi Piringku.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek berharap acara makan bersama yang diikuti ribuan orang itu bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang porsi makan ideal.

"Kita harapkan seluruh masyarakat Indonesia tahu dengan isi piiringku untuk kita wujudkan bangsa Indonesia sehat, kuat, dan berdaya saing," ujar Menkes pada puncak acara HKN ke-54 di Jakarta, mengutip laman sehatnegeriku.

Melalui kampanye Isi Piringku, Kemenkes mengajurkan pola makan yang terdiri dari 2/3 piring berisi karbohidrat, 2/3 sayuran, 1/3 buah-buahan, dan 1/3 protein.

MURI lewat sang CEO Jaya Suprana mengapresiasi perjuangan Menkes meningkatkan kesehatan warga Indonesia. Ini adalah penghargaan MURI yang kesekian kali yang disampaikan MURI untuk Menkes.

“Masalah kesehatan langsung terkait dengan kesejahteraan masyarakat. Saya lihat Ibu (Menkes) selalu gigih dan fokus meningkatkan kesehatan,” kata Jaya Suprana.

Jaya menilai gerakan makan sesuai porsi Isi Piringku merupakan hal yang baik sekali. Itu yang menjadi alasan dirinya memberikan piagam Rekor Muri kepada Menkes. Jaya mengaku belum pernah mendengar gerakan seperti Isi Piringku di negara lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini