Setiap Hari Mark Wahlberg Bangun Pukul 2.30, Apa Untungnya?

Oleh Benedikta Desideria pada 18 Nov 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 19 Nov 2018, 16:13 WIB
Mark Wahlberg Lebih Keren dari Shia LaBeouf di Transformers 4

Liputan6.com, Jakarta Pukul 2.30, kebanyakan orang sedang nyenyak-nyenyaknya tidur. Namun, bagi Mark Wahlberg itu adalah saatnya ia bangun tidur. Sederet aktivitas pun ia lakukan sepagi itu.

Aktivitas dini hari Mark Wahlberg terekam jelas dalam program televisi LateLate Show yang dipandu James Corden. Dalam tayangan tersebut, James bergabung bersama Mark untuk olahraga pukul 4 dini hari.

Di tengah-tengah acara, James memperlihatkan daftar kegiatan aktor film Mile 22 itu. Ya benar, tertulis dia mengawali hari pukul 2.30. Lalu, pada 2.45 ia kan berdoa. Dilanjutkan sarapan pada 3.15 selama setengah jam. Kemudian dia akan olahraga dari 3.40 sampai 5.15.

Pemain film Ted ini kemudian melakukan aktivitas harian layaknya orang biasa. Namun, dia akan tidur pukul 19.30. Tentu saja agar bisa bangun di subuh nanti.

Sebelum di LateLate Show, Wahlberg juga sudah memberitahu pengikutnya di Instagram mengenai aktivitas hariannya yang bisa dibilang ekstrem ini.

Selain Wahlberg, beberapa pesohor seperti Michelle Obama, Anna Wintour, Tim Cook memulai hari sejak subuh. Nah, menurut studi ada beberapa keuntungan bangun pagi, walau tak perlu sepagi Mark Wahlberg, seperti dilansir laman Independent, Minggu (18/11/2018).

1. Lebih ceria

Studi 2012 dari jurnal Emotion menunjukkan orang yang bangun pagi cenderung lebih memiliki suasana hati yagn lebih baik. Mereka lebih ceria dan bahagia menjalani hidup dibandingkan yang bangun siang.

Bangun tidur
Ilustrasi bangun tidur (iStockphoto)
2 of 2

2. Lebih percaya diri

Orang yang bangun pagi cenderung lebih percaya diri dalam melakukan aneka hal. Mereka yang bangun pagi setuju akan hal ini seperti dituliskan dalam studi Journal of Applied Social Psychology.

3. Menyelesaikan lebih banyak tugas

Saat bangun lebih pagi dibandingkan orang lain, berarti punya banyak waktu melakukan aneka hal tanpa ada gangguan. Hal ini membuat orang tersebut jadi konsentrasi melakukan hal yang dilakukan sehingga bakal selesai dalam waktu cepat.

4. Lebih sehat

Ada banyak bukti yang menunjukkan orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi lebih sehat. Orang-orang ini bisa menyiapkan sarapan dengan lebih baik.

Lalu, studi di 2011 yang dilakukan US Northwestern University, menunjukkan orang yang sering tidur larut malam dan bangun siang cenderung malas makan buah dan sayur. Jumlah asupan buah dan sayur orang yang suka bangun siang setengah lebih sedikit dari yang sering bangun pagi.

 

Lanjutkan Membaca ↓