Sukses

Kebiasaan Makan Bisa Ungkap Kepribadian Kamu (1)

Beberapa pakar menyebutkan cara seseorang memilih makanan dan menyantapnya bisa mengungkapkan kepribadian kamu.

Liputan6.com, Jakarta Kamu tipe orang yang saat makan perlahan-lahan atau terburu-buru? Lalu, saat makan lebih pilih makanan asin atau manis? Jawaban kamu rupanya bisa lho mengungkapkan kepribadian kamu yang sesungguhnya lho.

Dr. Alan Hirsch, seorang ahli neurologi melalui bukunya yang berjudul What Flavor Is Your Personality menyebut preferensi terhadap makanan dipengaruhi oleh unsur kepribadian seseorang.

Bukti lainnya, Juliet A. Boghossian, ahli makanan yang menggagas food-ology mengemukakan bahwa cara seseorang menyantap makanan berkaitan erat dengan kepribadian. Berikut ini kami rangkum analisis kepribadian berdasar kebiasaan dalam menyantap makanan seperti dilansir Men's Health. 

1. Makan pelan-pelan

 Berarti kamu termasuk tipe pemakan lambat. Kamu lebih suka menikmati makanan perlahan-lahan, memastikan tidak ada sensasi tekstur dan rasa makanan yang terlewat.

Menurut hasil observasi Boghossian, tipe orang seperti ini adalah pribadi yang patuh menjalankan rutinitas, bukan jenis orang yang mau melakukan aktivitas spontan. Mereka cenderung keras kepala dan mendahulukan kepentingan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memperhatikan kepentingan orang lain.

Sisi baiknya, orang-orang yang makan perlahan seperti kamu ini biasanya memperhatikan detail dalam mengerjakan segala hal. Dan kamu tidak pernah melakukan sesuatu tanpa perencanaan yang matang.

 

 Saksikan juga video menarik berikut

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makan cepat

2. Makan dengan cepat

Orang-orang yang terbiasa makan dengan cepat biasanya kurang cakap dalam menentukan skala prioritas. Tak jarang mereka keteteran saat harus mengerjakan beberapa tugas sekaligus.

Tetapi fast eater mau mengesampingkan kepentingan diri sendiri demi orang-orang yang dianggap penting dalam hidup mereka. Mereka sangat produktif dan gerak cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

 

3. Suka makanan manis

Orang-orang yang suka mengonsumsi makanan manis biasanya berjiwa penolong. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Journal of Personality and Social Psychology.

Sebuah studi yang dilakukan oleh North Dakota State University dan Gettysburg College juga menemukan bukti bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi makanan manis cenderung lebih mudah berkompromi dan menyetujui suatu pendapat. Dengan kata lain para penyuka manis bukan termasuk pribadi yang keras kepala.

3 dari 4 halaman

Suka makanan asin

4. Suka makanan asin dan gurih

Mereka ini termasuk orang-orang yang malas membuat perencanaan terperinci.

Daripada membuat jadwal yang terlalu rumit, mereka lebih memilih keputusan spontan. Biarlah hidup tetap penuh kejutan dan lihat petualangan apa yang ditawarkan hari esok. Keengganan mereka dalam membuat perencanaan juga dipengaruhi oleh kepercayaan mereka kepada takdir.

5. Menyukai makanan pedas

Penn State sempat melakukan penelitian mengenai hal ini dengan objek para siswa di sana. Hasil yang mereka temukan, sebagian besar siswa yang menyukai kegiatan penuh tantangan adalah mereka yang menyukai makanan pedas.

Walaupun cenderung menyukai segala hal yang berisiko, para penyuka pedas juga termasuk orang-orang yang fokus dalam mengatur segala aspek dalam hidup mereka.

4 dari 4 halaman

Suka makanan manis dan asin

6. Penyuka makanan asin dan manis

Orang-orang yang menyukai makanan dengan perpaduan rasa asin dan manis adalah tipe orang yang memerlukan waktu untuk sendirian. Mereka termasuk pribadi introvert yang sangat menghargai privasi.

Tetapi jangan salah, pecinta makanan seperti ini juga termasuk orang yang memiliki kreativitas tinggi. Mereka biasa melempar gagasan unik dan orisinal dalam berbagai hal.

 

 

Penulis: Tantri Setyorini/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.