Sukses

Sering Menimbang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Orang yang menimbang diri setiap hari lebih mungkin menurunkan berat badan daripada mereka yang tidak. Apa iya?

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, timbangan itu amat menyeramkan. Namun, sering menimbang juga bisa membantu Anda lebih cepat menuju berat badan impian lho.

Secara garis besar, ideal atau tidaknya massa tubuh seseorang tak hanya ditentukan oleh berat badan semata. Anda bisa mengetahuinya dengan cara menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT), yakni berat badan (kg) per tinggi badan (cm).

Berat badan Anda termasuk ideal jika angka IMT Anda 18.5-22.9. Bila di bawah angka itu, artinya Anda termasuk kurus. Namun jika di atas angka IMT, Anda kelebihan berat badan.

Uniknya, berdasarkan penelitian yang dilansir dari laman Health, konon menimbang terus-menerus bisa bikin berat badan cepat turun. Benarkah?

Para peneliti dari University of Pittsburgh School of Nursing dan University of California, San Francisco School of Medicine, menemukan bahwa orang yang menimbang diri setiap hari lebih mungkin menurunkan berat badan daripada mereka yang tidak.

Studi menganalisis data dari 1.042 orang dewasa dengan usia rata-rata 47 tahun. Selama setahun, peserta menimbang diri mereka sendiri seperti biasanya. Namun, mereka menggunakan skala Wi-Fi atau Bluetooth-enabled yang mengirim data ke para peneliti. Para peserta tidak diberi saran atau arahan apa pun, selain memantau berat badan seperti biasa.

Setahun kemudian, mereka yang tidak pernah menimbang berat badan atau hanya sekali seminggu menimbang tidak kehilangan berat badan. Peserta yang menimbang diri mereka enam atau tujuh kali seminggu, kehilangan 1,7 persen berat badan mereka.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menurunkan berat badan dalam waktu singkat tidak dianjurkan

Apa yang istimewa tentang menimbang berat badan? Teorinya adalah dengan tetap memperhatikan berat badan Anda di timbangan. Hal ini akan membuat Anda lebih sadar tentang bagaimana perilaku tertentu bisa memengaruhi berat badan Anda.

Edward Abramson, PhD, penulis buku It’s Not Just Baby Fat! dan profesor psikologi di California State University, setuju dengan teori itu. Manusia tidak cocok untuk hidup di lingkungan dimana makanan padat kalori dan lezat sudah tersedia.

“Untuk mengatasi lingkungan yang mendorong Anda makan yang tidak perlu, Anda benar-benar harus sadar. Berhati-hatilah tentang pilihan yang Anda buat. Salah satu caranya menimbang setiap hari,” katanya.

Akan tetapi, penurunan berat badan dalam waktu yang sangat singkat ternyata tidak dianjurkan. “Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan,” kata dr. Dina Kusumawardhani dari KlikDokter.

Mendapatkan berat badan ideal memang impian semua orang. Selain dengan rutin berolahraga, cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan setiap hari menimbang berat badan. Tapi ingat ya, cara tersebut juga harus dibarengi dengan menjaga pola makan.

 

Penulis: Bobby Agung Prasetyo/Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.