Sukses

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Sendiri di Rumah, Mudah dan Sederhana

Minyak kelapa terdiri dari bahan-bahan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Kelapa adalah satu jenis buah yang mudah sekali kita temukan di negara tropis seperti negara kita tercinta, Indonesia. Buah ini selain bisa dimanfaatkan airnya yang segar dan menjadi terkenal untuk pelepas dahaga. Tetapi selain airnya, ternyata daging kelapa juga bisa dimanfaatkan menjadi minyak. Cara membuat minyak kelapa ini sudah dikenal nenek moyang Indonesia dengan cara yang sederhana.

Minyak kelapa memang sejak dari dulu sudah dipakai oleh nenek moyang kita, tak hanya bisa digunakan untuk bidang kuliner, tetapi minyak kelapa juga bisa menjadi popular di dunia kecantikan dan juga pengobatan. Tradisi minyak kelapa atau coconut oil itu sendiri tetap ada dan juga tetap terjaga sampai saat sekarang ini. Bahkan cara membuat minyak kelapa itu sendiri sekarang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi dalam dunia kuliner memang minyak kelapa sudah mulai ditinggalkan. Padahal cara membuat minyak kelapa itu sangatlah mudah dalam pengolahannya, lebih praktis dan juga ekonomis.

Minyak kelapa terdiri dari bahan-bahan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang tinggi. Meski demikian, jenis lemak jenuh yang banyak terdapat pada minyak kelapa adalah medium chain triglycerides (MCT). Jenis lemak ini akan langsung digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi. Cara membuat minyak kelapa juga mengandung asam laurat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kelapa

Dengan komposisi yang begitu banyak, minyak kelapa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya:

Baik untuk penderita kolesterol tinggi.

Beberapa penelitian menyatakan minyak kelapa dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Sehingga cara membuat minyak kelapa diduga baik untuk penderita kolesterol tinggi. Akan tetapi, sebagian penelitian juga mengatakan bahwa minyak kelapa belum tentu baik untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak kelapa terhadap kolesterol tinggi.

Menurunkan berat badan.

Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan jenis minyak lainnya, pemakaian minyak kelapa dianggap baik bagi penderita obesitas. Kandungan lemak jenis MCT pada minyak kelapa, diperkirakan bisa menurunkan berat badan. Namun, kamu tetap harus membatasi jumlah asupan minyak kelapa agar tidak kelebihan kalori, yang justru akan menyebabkan berat badan naik. Untuk menurunkan berat badan, tetap dibutuhkan pula pola makan sehat dan olahraga rutin.

Melembabkan kulit

Minyak kelapa dapat dijadikan pelembab yang ringan untuk kulit. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin setelah mandi. Menggunakan cara membuat minyak kelapa dua kali sehari pada kulit kering, dapat membantu melembapkan kulit.

Kutu rambut.

Mengoleskan minyak kelapa pada rambut mungkin efektif untuk menjauhkan kutu. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa diduga berperan sebagai pembasmi kutu alami. Cara membuat minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati kutu rambut pada orang yang memiliki kulit sensitif atau tidak cocok dengan pengobatan kutu rambut. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas minyak kelapa dalam mengobati kutu rambut.

Diabetes

Minyak kelapa dapat memberikan dampak yang baik pada penyakit diabetes, karena dipercaya mampu membantu mengatur kadar gula darah dan memperbaiki resistensi insulin. Namun karena jenis lemak pada minyak kelapa adalah lemak jenuh, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan minyak kelapa.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Minyak Kelapa

Cara membuat minyak kelapa murni di rumah, bagi yang ingin mencoba membuatnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Alat dan bahan-bahan yang diperlukan:

Pilihlah kelapa yang tua, sesuaikan dengan kebutuhan

Air secukupnya

Saringan

Parutan

Botol penyimpanan minyak kelapa

Berikut ini cara memilih kelapa yang baik di gunakan sebagai minyak kelapa. Sebetulnya ada banyak cara untuk membuat minyak kelapa antara lain itu dengan cara pemanasan, fermentasi, pengolahan dingin, penyulingan. Selain itu ada juga virgin coconut oil yang dibuat tampa pemanasan.

4 dari 6 halaman

Cara membuat minyak kelapa murni dengan fermentasi

Jika kamu membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, proses pembuatan dengan cara fermentasi adalah yang paling tepat.

1. Pilihlah kelapa yang bekualitas baik matang dan juga segar.

2. Bersihkan kelapa, lalu parut dan campurlah dengan air matang kemudian peras.

3. Dari hasil parutan tersebut segera kita tuangkan ke botol atau wadah diamkan selama 24 jam dalam ruangan 32 derajat celcius. Proses penyimpanan ini akan membuat air dan minyak terpisah.

4. Saringlah air yang sudah terpisah dengan minyak, dan minyak itu sendiri akan menghasilkan warna putih pucat.

5 dari 6 halaman

Cara membuat minyak kelapa murni dengan pemanasan

Proses pembuatan minyak kelapa dengan cara pemanasan, berikut caranya:

1. Kupaslah buah kelapa, ambil dagingnya.

2. Parutlah daging kelapa tersebut menggunakan parutan, jika kamu enggan untuk memarut sendiri bisa membeli sediri yang sudah diparut di pasar.

3. Campurlah parutan kelapa tersebut dengan air matang, peras dan saring untuk mendapatkan santan.

4. Siapkan penggorengan dengan nyala api yang kecil lalu tuangkan air santan tersebut.

5. Aduk santan secara peralahan, karena dengan kita mengaduknya secara terus-menerus maka air santan akan menguap dan terpisah sehingga hanya tersisa minyak dan ampas yang dikenal dengan blondo.

6. Setelah minyak terbentuk, tuangkan ke dalam botol yang telah disiapkan.

6 dari 6 halaman

Cara membuat minyak kelapa murni dengan perebusan

1. Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap.

2. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua.

3. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus. 4. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.

5. Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang.

6. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak.

7. Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.