Sukses

Ini Keuntungan Minum Air Putih Ketimbang Kopi di Pagi Hari

Minum segelas air putih di pagi hari akan membuat Anda lebih berenergi dan bahagia.

 

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda minum pertama kali sesudah bangun tidur? Sebagian orang ada yang memilih hanya minum air putih, tapi tak sedikit pula yang terbiasa harus meminum secangkir kopi atau teh sebelum memulai hari. 

Sebenarnya, mana yang lebih baik atau sehat untuk diminum? Air putih, teh, atau kopi?

Anda lebih dianjurkan memperbanyak air putih, karena tubuh mengalami dehidrasi setelah berpuasa sepanjang malam. Sedangkan kopi bersifat diuretik yang merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak natrium ke dalam urine. Akibatnya tubuh lebih mudah dehidrasi.

Selain itu, otak adalah salah satu organ yang paling membutuhkan banyak air, yang selanjutnya akan membantu Anda lebih fokus dalam memulai hari dan memudahkan Anda berpikir jernih. Itu sangat penting untuk memiliki hari yang produktif.

Lebih lanjut, tubuh Anda berada dalam masa pembuangan racun di pagi hari. Dengan mengonsumsi air putih, tubuh akan mengeluarkan racun dan mulai membantu fungsi tubuh dalam proses penyisihan. Ini membantu Anda merasa bersemangat dan siap untuk menjalani hari yang menyenangkan.

Sedikit catatan, dengan menambahkan perasan lemon ke air akan merangsang hati untuk menghasilkan empedu yang membantu pencernaan dan membersihkan saluran kemih, sebagaimana dikutip dari situs Canstarblue pada Senin, 12 November 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minum Kopi di Pagi Hari

Kopi sangat asam dan mengandung senyawa yang mengganggu lapisan lambung. Ketika minum kopi perut Anda akan menghasilkan asam klorida (HCl). Ini diperburuk ketika Anda minum kopi dengan perut kosong.

Tubuh memiliki kemampuan terbatas untuk memproduksi asam klorida, dan dengan minum secangkir kopi biasa, Anda dapat merasakan hal yang tidak enak di perut. Hal ini menyebabkan asam lambung rendah yang dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, kekurangan mineral, dan banyak lainnya.

Ketika memilih minum air putih, Anda telah meminimalisir kerusakan ini. Keuntungan lainnya, minum air putih terlebih dahulu akan memuaskan dahaga Anda.

 

3 dari 3 halaman

Berapa Gelas Air Putih

Berapa banyak air yang harus anda minum? Jika Anda tidak terbiasa minum air putih di pagi hari, akan sangat sulit untuk mengonsumsi lebih dari satu gelas. Anda dianjurkan memulainya sebanyak 500ml, lalu akhirnya atau satu liter.

Kebiasaan sederhana ini terlihat mudah, tapi sulit untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Mulailah membiasakan minum air putih di pagi hari, karena tidak hanya sehat yang Anda dapat tapi juga rasa bahagia lantaran Anda bisa berpikir jernih dan tentunya lebih berenergi.

 

Penulis: Adnandika Pangestu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.